Kapal Nelayan tanpa Awak Ditemukan di Karimunjawa

Rhobi Shani    •    Minggu, 27 Nov 2016 18:35 WIB
kecelakaan kapal
Kapal Nelayan tanpa Awak Ditemukan di Karimunjawa
Ilustrasi pencarian korban kapal tenggelam - Ilustrasi Antara - Kristian Ali

Metrotvnews.com, Jepara: Dua nelayan asal Karimunjawa, Jawa Tengah, hilang di perairan Pulau Genting Kepulauan Karimunjawa. Sementara kapalnya ditemukan nelayan lain.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Lulus Suprayetno mengatakan Suryo dan Ratmin melaut pada Jumat 25 November. Lalu sehari kemudian, nelayan bernama Agus menemukan kapal mereka di tengah laut.

Agus lalu melaporkan temuan tersebut ke petugas kelautan. Sejak itu pula, proses pencarian dilakukan di sekitar Pulau Genting, Karimunjawa.

"Hingga sekarang masih dalam proses pencarian yang disimpan Basarnas," kata Lulus, Minggu (27/11/2016).
 
Para nelayan setempat, Lulus melanjutkan, juga turut serta dalam proses pencarian hari ini. Sebanyak 25 nelayan turut mencari korban dengan menggunakan 4 kapal Jhonson.
 
Saat korban mencari ikan, ditambahkan Lulus, kondisi cuaca diperairan laut Karimunjawa dalam kondisi normal. Gelombang dan kecepatan angin tidak terlalu kencang. Hanya saja, lantaran dipengaruhi perubahan cuaca ekstrim, perubahan kondisi gelombang kerap datang secara tiba-tiba.
 
“Ada kemungkinan saat itu tiba-tiba muncul gelombang tinggi, kemudian dua nelayan ini terpelanting. Kalau tertabrak kapal besar, mestinya kapalnya rusak, tapi ini kan kapalnya ditemukan dalam keadaan utuh,” kata Lulus.


(RRN)