Santri Cirebon Ramaikan 4 November dengan Pelatihan Jurnalistik

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 04 Nov 2016 14:50 WIB
jurnalistik
Santri Cirebon Ramaikan 4 November dengan Pelatihan Jurnalistik
Wakil Pimpinan Redaksi Metrotvnews.com, Nurfajri Budi Nugroho, saat memberikan pelatihan jurnalistik bagi santri di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jumat (4/11/2016). Foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Ribuan santri dari berbagai daerah di Cirebon, Jawa Barat, mengikuti pelatihan jurnalistik seribu santri yang diselenggarakan Pondok Pesantren Kempek Cirebon, Jumat 4 November 2016.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Kempek, K.H. Mustofa Aqil, para santri perlu untuk belajar menulis berita sebagai salah satu alat menyampaikan dakwah yang santun dan baik. "Santri sangat perlu menguasai pengetahuan tentang Jurnalistik," ujarnya.

Adik dari K.H. Said Aqil Siradj ini menuturkan, jika saat ini ribuan warga melakukan aksi di Jakarta untuk menuntut diadilinya Basuki Tjahaja Purnama terkait dugaan penistaan agama, di pondok pesantrennya juga berkumpul sekitar seribu santri, namun dengan tujuan berbeda. "Kalau di sana untuk demo, di sini untuk pelatihan jurnalistik," kata Kang Mustofa.

Wakil Pimpinan Redaksi Metrotvnews.com, Nurfajri Budi Nugroho, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Pondok Pesantren Kempek ini. 

Menurutnya, saat ini cukup banyak berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan bersifat memprovokasi. Oleh karena itu, peran santri sangat penting untuk bisa mengimbangi informasi-informasi tersebut.

"Sehingga santri bisa jadi penyeimbang informasi-informasi yang ada saat ini," ujarnya.

Pada kegiatan ini, seribu santri dibagi dalam belasan kelas untuk belajar ilmu jurnalistik. Selain penulisan berita, para santri juga diberikan pemahaman tentang sastra, fotografi, dan pemanfaatan teknologi.


(UWA)