Pelajar di Purwakarta Diajari Toleransi antar Umat Beragama Sejak Dini

Reza Sunarya    •    Rabu, 01 Mar 2017 12:30 WIB
berita purwakarta
Pelajar di Purwakarta Diajari Toleransi antar Umat Beragama Sejak Dini
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Purwakarta: Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meyakini, kunci membangun sikap toleransi antar umat beragama terletak pada pendidikan.

Oleh karena itu, para pelajar di Purwakarta, Jawa Barat, diberikan ruang untuk melaksanakan ibadah masing-masing sebelum memulai jam pelajaran di sekolah. Hal ini menjadi bagian dari implementasi konsep Pendidikan Berkarakter yang telah diterapkan di Kabupaten Purwakarta.

"Kunci membangun sikap toleran itu ada pada pendidikan. Kita tidak boleh mengkotak-kotakkan karena setiap pelajar memiliki hak yang sama untuk beribadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan yang dianutnya. Maka untuk menciptakan suasana ibadah yang nyaman, kami menyediakan ruang ibadah khusus bagi setiap agama,” tutur Dedi Mulyadi.

Gesekan antar keyakinan yang berbeda pun menurut Dedi  perlu diantisipasi oleh pemerintah untuk menciptakan iklim kondusif dalam kehidupan bermasyarakat.

Dedi mencontohkan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengeluarkan Surat Edaran tentang Jaminan Berkeyakinan dan Beribadah menurut keyakinan dan kepercayaan masing-masing. Surat Edaran tersebut ditindaklanjuti melalui pembentukan Satgas Toleransi.

"Infrastruktur di lapangan harus siap merespons orientasi yang kita tetapkan. Makanya di Purwakarta kami membentuk Satgas Toleransi. Ini untuk meminimalkan gesekan yang berhubungan dengan keyakinan yang dianut oleh masyarakat," kata Dedi.


(ROS)