PKS, Gerindra, dan PAN Sepakat Koalisi di Lima Pilgub 2018

Antara, Nurul Hidayah    •    Senin, 25 Dec 2017 17:17 WIB
pilgub jabar 2018
PKS, Gerindra, dan PAN Sepakat Koalisi di Lima Pilgub 2018
Wakil Gubernur Deddy Mizwar didukung maju ke Pilgub Jabar 2018, dok: Medcom.id - Jaenal Mutakin

Cirebon: Ketua Bidang Humas DPP PKS Ledia Hanifa Amaliah mengaku bergandengan tangan dengan Partai Gerindra dan PAN untuk memenangkan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Tiga partai itu juga sepakat mendukung pasangan yang sama di pemilihan kepala daerah di empat provinsi lain.

"Kesepakatan untuk bekerja sama tersebut diawali dengan pertemuan antara Presiden PKS Pak Mohamad Sohibul Iman dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Pak Prabowo Subianto dan Ketua Umum PAN Pak Zulkifli Hasan di kantor DPP PKS di Jakarta, kemarin," kata Ledia, Senin, 25 Desember 2017.

Adapun empat provinsi yaitu Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara. Alasannya, lanjut Ledia, ketiga partai memiliki visi yang sama dan saling mengerti soal kontestasi politik.

Terkait Pemilihan Kepala Daerah Jabar 2018, Ledia mengaku PKS mengusung Ahmad Syaikhu yang merupakan Ketua DPW PKS Jabar menjadi calon wakil gubernur. Tapi PKS mengumumkan peresmian dukungan pada Rabu, 27 Desember 2017.

"Itu tadi finalnya akan diumumkan pada Rabu nanti. PKS akan menyikapi seperti apa. Ada beberapa pembicaraan yang tentunya harus ditindaklanjuti," ungkap Ledia.

Sebelumnya Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Irfan Suryanagara mengatakan menandatangani kontrak politik dengan PKS dan PAN. Ketiganya sepakat mendukung pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu (Demiz-Syaikhu).

"Kesepakatan ditandatangani masing-masing ketua partai di tingkat provinsi Jabar," kata Irfan di Cirebon

Irfan mengatakan Demokrat menargetkan kemenangan 30 persen di Pilgub Jabar. Selain gubernur, Demokrat juga mengincar kemenangan di beberapa pemilihan kabupaten dan kota.

"Seperti Kota Cirebon, Sumedang, Kota Sukabumi, Kota Bogor, Ciamis, dan Banjar," lanjut Irfan.

 


(RRN)