Kerugian akibat Terjangan Banjir Bandang Garut Capai Rp20 Miliar

Wildan Fadilah    •    Selasa, 18 Oct 2016 13:04 WIB
banjir bandang garut
Kerugian akibat Terjangan Banjir Bandang Garut Capai Rp20 Miliar
DAS di Cimanuk, Garut - Metrotv

Metrotvnews.com, Garut: Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Garut, Jawa Barat, merusak ratusan rumah pada Selasa 20 September. Nilai kerugian akibat kerusakan tersebut mencapai Rp20 miliar.

Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan Kabupaten Garut mengakui kerusakan di sepanjang aliran Sungai Cimanuk cukup parah. Dinas mencatat kerusakan terjadi pada 15 daerah aliran sungai (DAS) dan 8 irigasi.

Kerusakan terjadi mulai dari hulu hingga hilir sungai. Rata-rata kerusakan terjadi di sebelah kiri sungai. Sementara kerusakan irigasi terjadi merata di beberapa kecamatan.


(Alat berat digunakan untuk membangun tanggul di Cimanuk, Garut, metrotv)

"Mulai dari Gunung Papandayan, Cibodas, hingga Cikamiri. Sementara daerah irigasi rusak tersebar di beberapa wilayah," kata Kepala Dinas SDAP Garut, Uu Saefudin, Selasa (18/10/2016).

Pemerintah kabupaten bekerja sama dengan pusat terus mengebut pengerjaan tanggul yang rusak akibat terjangan Cimanuk. Alat berat dikerahkan untuk membuat tanggul.

Banjir bandang menerjang tujuh kecamatan di Garut pada 20 September. Banjir merusak ?Kerugian akibat Terjangan Banjir Bandang Garut Capai Rp20 Miliar

Kejadian itu menewaskan 36 warga. Satu di antaranya bocah laki-laki yang ditemukan pada Senin 17 Oktober atau 28 hari setelah bencana. Sementara 17 warga lain masih hilang.


(RRN)