Buruh Cirebon Minta Upah Naik Rp650 Ribu

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 02 Dec 2016 14:04 WIB
upah
Buruh Cirebon Minta Upah Naik Rp650 Ribu
Puluhan buruh Cirebon berdemonstrasi di depan kantor Bupati Cirebon. Foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Puluhan buruh yang mengatasnamakan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Cirebon. Mereka menuntut Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, menaikan Upah Minimum Kota (UMK) yang berlaku saat ini 

"Pemerintah Kabupaten pada 9 November lalu berjanji akan memberlakukan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) 2017, tapi hingga kini belum juga dirumuskan dan direalisasikan," kata Machbub, Sekjen FSPMI Cirebon, Jumat (2/12/2016).

FSPMI menganggap penetapan besaran UMK yang digunakan di Kabupaten Cirebon merupakan penentuan sepihak pemerintah pusat. FSPMI menginginkan pemerintah kabupaten menetapkan sendiri kenaikan upah.

Karena, menurutnya, besaran upah yang sudah ditetapkan tidak sesuai dengan harapan buruh. FSPMI meminta keputusan Gubernur Jawa Barat tentang besaran UMK 2017 dicabut.

Bukan cuma itu, FSPMI juga meminta Pemkab Cirebon menaikan upah Rp650 ribu. Sehingga, UMK di Kabupaten Cirebon Rp2.242.220.

Aksi yang bersamaan dengan diselenggarakannya doa dan istigasah bersama di GOR Ranggajati ini mendapatkan pengamanan yang ketat petugas keamanan.


(UWA)