Pakar: Penyimpangan di Lapas Sukamiskin Sudah Lama

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 21 Jul 2018 17:46 WIB
kasus suapott kpk
Pakar: Penyimpangan di Lapas Sukamiskin Sudah Lama
Suasana Lapas Sukamiskin Bandung pasca operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK, Sabtu 21 Juli 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Penyimpangan di Lapas Sukamiskin Bandung dinilai sudah lama terjadi. Termasuk dalam segi pelayanan baik terhadap warga binaan maupun pengunjung.

Pakar Hukum Pidana Universitas Parahyangan (Unpar) Agustinus Pohan menyebut penyimpangan sudah lama dapat dicium. Bahkan jauh sebelum operasi tangkap tangan (OTT) Kalapas Sukamiskin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu, 21 Juli 2018, dini hari.

"Ini kan soal penyimpangan di dalam lapas, itu udah terlalu lama, gunjingan itu udah lama," kata Pohan, Sabtu 21 Juli 2018.

Pohan mengatakan, sudah menjadi rahasia umum adanya warga binaan yang bisa keluar masuk Lapas Sukamiskin dengan bebas. Bahkan, tak sedikit warga binaan yang memiliki rumah di dekat Lapas Sukamiskin untuk melakukan berbagai aktivitas.

"Katanya ada keluarga yang membeli rumah di sekitar sana. Gosipnya narapidana bisa keluar. Yang disesalkan adalah, kenapa itu dibiarkan," ujar Pohan.

OTT KPK terhadap Kalapas Sukamiskin menjadi salah satu cermin lemahnya pengawasan dari Kemenkumham Provinsi Jawa Barat.
 


(SUR)