Posko THR di Hari Pertama Sepi Aduan

Farhan Dwitama, Kusbandono    •    Selasa, 05 Jun 2018 16:22 WIB
tunjangan hari raya
Posko THR di Hari Pertama Sepi Aduan
Posko pengaduan THR di Kantor Disnaker Pemkot Tangsel, Selasa 5 Juni 2018, Medcom.id - Farhan Dwi

Tangerang: Posko pengaduan tunjangan hari raya (THR) untuk pekerja di Tangerang Selatan, Banten, dibuka pada Selasa 5 Juni 2018, hari ini. Di hari pertama, posko yang berlokasi di Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Selatan tampak sepi.

Kepala Disnaker Tangsel Purnama Wijaya menegaskan perusahaan wajib memberikan THR pada karyawan. Aturan itu dituangkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 06 Tahun 2016 tentang THR dan Surat Edaran Nomor: 568/442-Disnaker tentang Pembayaran THR Keagamaan.

“Saat ini, kami buka posko, sejak 10 hari sebelum lebaran sampai 10 hari setelah lebaran,” terang Purnama di ruang kerjanya di Serpong Utara.

Di Tangsel, ujar Purnama, terdapat 2.802 perusahaan yang beroperasi. Hingga Desember 2016, sebanyak 141.364 orang bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Ia memperkirakan jumlah pekerja bertambah. Lantaran itu, ia meminta pekerja turut mengawasi pemberian THR dengan cara melapor ke posko.

Tahun lalu, kata Purnama, hanya ada satu usaha yang dilaporkan tidak memberi THR pada karyawan. Usaha itu bergerak di bidang jasa kecantikan.

"Alasannya, usaha itu omzetnya sedang sepi," ungkap Purnama.

Disnakertrans Jember, Jawa Timur, juga membuka posko pengaduan THR 2018. Pos melayani pengaduan dari pekerja yang tak menerima THR.

Kepala Disnakertrans Jember mengatakan posko dibuka pada Senin, 4 Mei 2018. Posko berlokasi di Kantor Disnakertrans.

Sebanyak 250 perusahaan beroperasi di Jember. Hingga berita ini dimuat, belum ada perusahaan yang meminta penangguhan pembayaran THR.

"Walaupun demikian kami siap memfasilitasi kedua belah pihak bila perusahaan lalai membayar THR," ungkap Bambang.

Bila lalai, Pemkab Jember akan memberikan sanksi. Yaitu mewajibkan perusahaan membayar denda 5 persen dari nilai THR ke karyawan.


(RRN)