Ratusan Miras Oplosan Berlabel Impor Diciduk Polisi

Rizky Dewantara    •    Jumat, 27 Apr 2018 21:16 WIB
razia mirasmiras oplosan
Ratusan Miras Oplosan Berlabel Impor Diciduk Polisi
Barang bukti miras oplosan berlabel merek impor yang disita. Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Produksi minuman keras oplosan dengan label miras merek ternama berhasil diungkap Satuan Narkoba Kepolisian Resor Bogor. Pelaku SM, 31, memperjualbelikan miras oplosan secara daring dan sudah beroperasi selama lima bulan.

Tersangka diamankan pada Sabtu, 20 April 2018 pekan lalu, di kontrakannya di kawasan Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar Andy M Dicky menjelaskan, SM ditangkap tanpa perlawanan. Di kontrakannya ditemukan peralatan, sarana dan hasil produksi minuman beralkohol (miras oplosan) dengan berlabel impor.

Selain pelaku, sambung Dicky, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti yang berada di kontrakan tersangka. Barang bukti yang dista berupa 99 botol Black Label, 149 botol Chivas Regal, 42 botol merek lain.

"Ratusan botol tersebut sudah terisi miras oplosan untuk siap dijual," ujar Dicky, kepada wartawan, Jumat, 27 April 2018.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Dicky menyatakan, pelaku dijerat pasal 204 ayat (1) KUHP dan pasal 145 junto pasal 91 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 18 Tahun 2012 serta pasal 62 Undang-undang RI Nomor 8 Tahun 2009.

"Pelaku dikenakan pasal tentang pangan dan perlindungan konsumen. Pelaku beserta barang bukti diamankan guna dilakukan pengembangan kasus ini di Mapolres Bogor," pungkasnya.


(SUR)