Pelaku UKM Dapat Jual Produknya di Galeri Iptek

Hendrik Simorangkir    •    Kamis, 04 Oct 2018 15:28 WIB
puspiptek
Pelaku UKM Dapat Jual Produknya di Galeri Iptek
Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sri Setiawati (kiri) saat konpres GIPTI di BSD City, Kabupaten Tangerang, Medcom.id - Hendrik

Tangerang: Galeri llmu Pengetahuan Teknologi Inovasi (GIPTI) menjadi wadah yang menunjukkan kemajuan dan inovasi di sektor teknologi. Sehingga, warga dapat memberdayakan kemajuan teknologi untuk perkembangan ekonomi.

Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Sri Setiawati mengatakan galeri menjadi tempat untuk mengedukasi masyarakat. Selain itu, warga juga dapat memasarkan produk usaha kecil dan menengah mereka di galeri tersebut.

"Juga perusahaan statup (perusahaan perintis) berbasis teknologi dapat memanfaatkan galeri. Sebab GIPTI hadir sebagai showcase kemajuan iptek dan inovasi serta teknologi terapan terkini," kata Sri di acara peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan GIPTI di BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pengadaan GIPTI, lanjut Sri, sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) Puspiptek. Proyek tersebut didukung ekosistem di BSD City.

Galeri tersebut terdiri dari 5 zona, yakni zona penerima, zona display, zona pengembangan kewirausahaan, zona penelitian, dan zona kawasan ruang terbuka hijau. 

"Selain itu juga akan dilengkapi dengan gateway park, techno park, dan lake park. Saat ini, GIPTI dan N-STP Puspiptek didukung oleh ekosistem kawasan BSD City, yang tentu akan saling menguatkan satu sama lain," jelas Sri.

Sri menjelaskan, galeri ini digagas untuk menjadi interaksi ekonomi dan pendidikan yang digarap di daerah bisnis. Selain itu, galeri ini pun di design senyaman mungkin, dengan menciptakan kenyamanan yang bisa menghasilkan berbagai inovasi di bidang teknologi. 

"Kita berharap galeri ini bisa menumbuhkan kreatifitas-kreatifitas yang bisa membawa kemajuan di bidang teknologi, serta meningkatkan ekonomi nasional, dan berharap dapat menarik pihak swasta untuk bekerja sama di galeri ini," kata Sri. 


(RRN)