Produk Bandung Mulai Merambah Amerika Latin

Roni Kurniawan    •    Selasa, 15 Aug 2017 17:06 WIB
umkmkerja bersama
Produk Bandung Mulai Merambah Amerika Latin
Produk UMKM asal Bandung merambah ke luar negeri dengan tema Little Bandung -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung terus melebarkan sayap untuk memasarkan berbagai produknya ke seluruh dunia. Bahkan, produk kreatif hasil dari Kota Kembang yang dikemas dalam Little Bandung telah merambah Amerika Latin.

"Kita sudah ada tokonya, betul-betul tinggal saya kirim kontainer yang isinya barang-barang hasil produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bandung," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai kunjungan ke Cuenca, Ekuador, baru-baru ini.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, kehadiran Little Bandung di Ekuador adalah komitmennya memperlebar jaringan untuk mempromosikan produk Bandung. "Jadi, ke mana pun saya pergi ke luar negeri, pasti selalu berakhir dengan negosiasi pembukaan toko yang menjual hasil produksi UMKM Bandung," tutur dia.

Little Bandung, lanjut Emil, adalah merek atau brand Bandung di luar negeri. Produk-produk yang dipromosikan terdiri dari kerajinan, makanan ringan, hingga fesyen.

"Mudah-mudahan ini lancar. Pada saatnya, saya sampaikan ke publik bahwa kita punya toko Little Bandung di Amerika Latin," pungkasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Priana Wirasaputra menambahkan, pihaknya bersama Dinas Perdagangan Kota Bandung bakal menyeleksi berbagai produk lokal untuk mengisi Little Bandung di Ekuador. Sejumlah aspek menjadi perhatian khusus, terutama dari segi kemasan dan persediaan barang.

"Kemasan harus diperhatikan, sehingga bisa menarik minat pembeli. Begitu juga persediaannya, jangan sampai banyak yang order tapi stok tidak ada," tandas Priana.

Sebelumnya,Little Bandung telah hadir di Petaling Jaya, Malaysia dan Seoul, Korea Selatan.


(NIN)