Pasukan Gober `Eksekusi` Lautan Sampah di Cibangkong

Roni Kurniawan    •    Kamis, 06 Jul 2017 10:32 WIB
sampah
Pasukan Gober `Eksekusi` Lautan Sampah di Cibangkong
Ratusan Pasukan Gober dan warga membersihkan lautan sampah di Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Bandung, Jabar -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan anggota Pasukan Gorong-gorong dan Kebersihan (Gober) berjibaku membersihkan lautan sampah di RT 03 RW 10 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Bandung, Jawa Barat. Sejak pukul 07.00 WIB, mereka bergotong royong mengangkut tumpukan sampah menggunakan karung sebelum dimasukan ke truk sampah.

Pasukan Gober tidak sendiri, mereka dibantu sejumlah warga Bandung yang peduli dengan lingkungan. Sejumlah motor roda tiga dengan bak terbuka juga dikerahkan untuk mengangkut sampah yang menumpuk sejak 10 tahun terakhir.

"Rencananya, sampah-sampah yang sudah dikumpulkan secara estafet dimasukkan ke kontainer untuk kemudian dibuang ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah) terdekat. Sebagian lagi, dibuang ke TPS yang ditetapkan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bandung Salman Fauzi di lokasi, Kamis 6 Juli 2017.

(Baca: Dulu Lapangan Bola, Kini Lautan Sampah)

Salman mengaku, cukup kesulitan memasukkan kendaraan ke wilayah tersebut. Akses jalan menuju lautan sampah tidak bisa dilewati kendaraan, karena berada di pinggir Sungai Cikapundung Kolot.

"Langkah-langkah berikutnya yang kita lakukan, mungkin area ini dipagar agar masyarakat tidak buang sampah lagi di sini," tuturnya.

Menurut Salman, dirinya telah melaporkan adanya tumpukan sampah tersebut kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Apalagi, saat ini Bandung sedang dalam tahap penilaian untuk mendapatkan Piala Adipura 2017.

"Kita sudah lapor ke pimpinan dan berharap langkah-langkah ini bisa membereskan permasalahan sampah," pungkasnya.


(NIN)