Bandung Bersiap Jadi Tuan Rumah `Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017`

Roni Kurniawan    •    Rabu, 23 Aug 2017 11:51 WIB
karnaval budaya
Bandung Bersiap Jadi Tuan Rumah `Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017`
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengumpulkan seluruh camat dan lurah di Pendopo Kota Bandung -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Bandung terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan `Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017` pada 26 Agustus 2017. Berbagai persiapan mulai dilakukan Pemerintah Kota Bandung untuk menyemarakkan agenda tahunan yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun mengumpulkan seluruh camat dan lurah untuk menyusun berbagai persiapan. Pria yang akrab disapa Emil ini meminta setiap kelurahan menghadirkan 100 warganya untuk ikut meriahkan acara tahunan itu.

"Tiap kelurahanan nanti persiapkan warganya 100 orang dan 10 umbul-umbul. Kan ada 151 kelurahan, jadi nanti ada lebih dari 15.000 orang meriahkan acara karvanal," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Bandung, Jawa Barat, Rabu 23 Agustus 2017.

Emil mengatakan, warga dari setiap kelurahan diharapkan menggunakam pakaian adat seperti pangsi dan kebaya. Ini bertujuan menunjukkan budaya Sunda saat menyambut kedatangan Jokowi.

Menurut Emil, warga akan menyambut kedatangan Jokowi serta iring-iringan budaya dari seluruh provinsi di Indonesia pada saat karnaval berlangsung. Warga akan memadati rute yang dilewati, mulai dari Jalan Diponegoro, Jalan Ir. H. Djuanda, Jalan Riau, Jalan Merdeka, Jalan Tamblon, Jalan Asia Afrika, hingga finish di kawasan Alun-alun Bandung.

"Jadi, teknisnya nanti warga ini menyambut dan meriahkan di kawasan masing-masing yang dilintasi atau rute karnaval. Mulai dari Gedung Sate sampai Alun-alun," pungkas Emil.


(NIN)