Pemkot Bandung Maksimalkan Transportasi Umum Mengurangi Kemacetan

P Aditya Prakasa    •    Selasa, 16 Oct 2018 14:42 WIB
Pemkot Bandung Maksimalkan Transportasi Umum Mengurangi Kemacetan
Polisi dan Dishub Kota Bandung menutup akses putar arah di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Selasa 16 Oktober 2018

Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengimbau warganya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi guna mengurangi kemacetan. Oleh karenanya pemerintah pun akan segera memaksimalkan kembali transportasi umum.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan uji coba rekayasa jalan di beberapa titik rawan macet. Dengan adanya perubahan arus lalu lintas dan penutupan akses putar jalan, diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Kota Bandung.

"Mengimbau masyarakat agar tertib lalu lintas, dan kalau bisa kurangi penggunaan kendaraan pribadi, beralih ke transportation umum, sepeda, atau yang lain," kata Yana di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa 16 Oktober 2018.

Baca: 8 Titik Lokasi Rekayasa Jalan di Bandung

Saat ini, kata Yana, pemerintah telah merencanakan kembali cara untuk memaksimalkan operasional Trans Metro Bus (TMB). Salah satunya adalah penambahan rute di Kota Bandung.

"Persiapan transportation massal terus kita lakukan, dari empat koridor bisa kita tambah, ini masih dikaji rutenya," kata Yana.

Selain penambahan rute, lanjut Yana, pihaknya juga berencana untuk menambah kembali unit TMB. Dia berharap masyarakat bisa berkerjasama dengan pemerintah untuk dapat mengurangi kemacetan dengan menggunakan transportasi umum.

"Dari 40 unit TMB, kita juga akan tambah lagi, kita kaji juga soal rute-rutenya. Kalau pemerintah tidak dibantu juga sama warga untuk mengurangi kemacetan ini, ya susah juga," kata Yana.

(ALB)