Polda Banten 'Ujian' Naik Tipe A

Hendrik Simorangkir    •    Rabu, 31 Oct 2018 15:57 WIB
polisi
Polda Banten 'Ujian' Naik Tipe A
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Tangerang: Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), melakukan penilaian ke Polda Banten. Penilaian dilakukan untuk menaikkan tingkat Polda Banten dari tipe B menjadi tipe A.

Polda Banten saat ini dijabat oleh seorang Brigadir Jenderal dengan bintang satu. Jika menjadi tipe A, maka Polda Banten akan dijabat Inspektur Jenderal atau bintang dua.

"Kemarin sudah dilakukan (penilaian) oleh Kementerian PAN-RB," kata Kapolda Banten Brigjen Teddy Minahasa Putra, Rabu, 31 Oktober 2018.

Penilaian dilakukan oleh Kementerian PAN-RB yang diwakili Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widiantini. Hasilnya akan diumumkan pada pertengahan November 2018.

Kementerian PAN-RB memiliki beberapa kriteria untuk kenaikan tipe B menjadi tipe A, seperti dilihat dari beban kerja, strategi media dan sumber daya manusia (SDM).

"Kewenangan Kementerian PAN-RB (untuk menaikan tipe). Polda Banten hanya mempersiapkan diri untuk melengkapi persyaratan dan indikasi kenaikan tipe A itu sendiri," jelas Teddy.

Polda Banten memiliki enam Polres, yakni Polres Cilegon, Polres Serang Kota, Polres Lebak, Polres Pandeglang dan Polresta Tangerang. Hanya Polresta Tangerang yang dijabat oleh seorang Kombes atau masuk ke dalam Polres tipe A.


(SUR)