Air Situ Rawa Kalong Kerap Berubah Warna

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 19 Oct 2018 20:02 WIB
pencemaran lingkungan
Air Situ Rawa Kalong Kerap Berubah Warna
Suasana di Setu Rawa Kalong, Depok, Jumat, 19 Oktober 2018, Medcom.id - Octa

Depok: Situ Rawa Kalong di Depok, Jawa Barat, tidak tertata serta tercemar limbah pabrik. Airnya kerap berubah warna.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil berencana menata Situ Rawa Kalong. Selain tempat resapan air, Emil pun ingin menata lingkungan sekitar danau khusus menjadi tempat berekreasi di kawasan Depok

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyambut positif rencana Emil. Apalagi, kata Idris, air di danau tersebut tercemar.

"Lantaran itu kami berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Dan Cisadane (BWSCC) untuk menindaklanjuti masalah tersebut," kata Idrus di Balai Kota Depok, Jumat, 19 Oktober 2018.

Idris mengaku terkendala peraturan untuk menindak pabrik yang diduga membuang limpah ke Ranca Kalong. Sebab, Pemkot Depok tak memiliki aturan untuk memberikan sanksi pada pelaku pencemaran limbah.

"Ini tentunya tidak mudah dan butuh kerja sama. Namun, ini semua bukan berarti mengendurkan semangat kami untuk mengingatkan mereka agar tidak membuang limbah ke Situ Rawa Kalong lagi," bebernya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Rawa Kalong Muhammad Nurdin mengatakan, ada tiga pabrik yang diduga melakukan pencemaran.

"mereka bergerak di berbagai bidang seperti pabrik pembuatan kapal lampu, kosmetik dan sponds plastik. Sudah ada uji laboratorium juga dan ternyata, air situ tercemar berat," bebernya.

"Pencemarannya sudah luar biasa ya. Kalau mau dipersentasekan mungkin sudah 100 persen tercemar ya. Setiap pagi, di sini airnya berwarna biru, hijau, coklat dan putih. Lalu ada minyak minyak yang menggenang di atas air," paparnya.



(RRN)