Pabrik Mi Berformalin di Cianjur Dibongkar Polisi

ant    •    Rabu, 12 Dec 2018 16:56 WIB
makanan berformalinmakanan berbahaya
Pabrik Mi Berformalin di Cianjur Dibongkar Polisi
ilustrasi Medcom.id

Cianjur: Polres Cianjur, Jawa Barat membongkar pabrik pembuatan mi basah yang diduga mengandung bahan kimia berbahaya di Kampung Gelar, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Selasa, 12 Desember 2018. 

Pabrik mi basah tersebut diketahui sudah beroperasi sejak tiga bulan lalu dengan hasil produksi yang dijual hanya di wilayah Cianjur. Setiap harinya
pabrik ini dapat memproduksi 3 ton mi.

Wakapolres Cianjur, Kompol Yanna Nurhandiana, mengatakan setelah mendapat laporan keberadaan pabrik mi tersebut, pihaknya langsung mengirim anggota untuk pengintaian dan langsung menggerebek pabrik dan menangkap dua orang tersangka.

"Kami juga mengamankan sejumlah barang bukti termasuk bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk membuat mi," katanya lagi.

Dia menambahkan, jajarannya mengamankan barang bukti seperti lima kilogram mi basah sisa distribusi, sejumlah bahan kimia seperti formalin dan boraks. "Saat Ini pelaku masih menjalani pemeriksaan untuk pengembangan," katanya pula.

Warga sekitar tidak menyangka pabrik mi yang baru beroperasi beberapa waktu lalu di kampung mereka, dicampur bahan kimia agar awet namun membahayakan ketika dikonsumsi. Bahkan sebagian kecil warga mengaku cukup menggenal pemilik pabrik.

"Kami pikir pabrik mi seperti biasa saja, namun kami baru tahu hari ini
ketika banyak polisi datang ke kampung ini. Ternyata selama ini pabrik
tersebut membuat mi dengan bahan kimia, kalau tidak salah mereka menjualnya di beberapa pasar di Cianjur," kata Leni, ibu rumah tangga warga sekitar.




(ALB)