Gerindra Tak Akan Berkoalisi Dukung Ridwan Kamil

Jaenal Mutakin    •    Senin, 20 Mar 2017 19:45 WIB
pilkada 2018
Gerindra Tak Akan Berkoalisi Dukung Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Partai Gerindra Jawa Barat tak akan berkoalisi mendukung Ridwan Kamil alias Emil maju dalam Pemilihan Gubernur Jabar 2018. Alasannya, Gerindra tak setuju dengan salah satu kesepakatan antara Emil dengan Partai NasDem yang mendukung Wali Kota Bandung tersebut.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD Partai Gerindra Jawa Barat, Sunatra, menegaskan tak akan berkoalisi dengan NasDem untuk bertarung dalam Pilgub 2018. Salah satu alasannya yaitu kesepakatan antara NasDem dengan Ridwan Kamil terkait dukungan untuk Joko Widodo dalam Pilpres 2019.

"Nasdem mengajukan 3 Syarat kepada Ridwan Kamil, syarat 1 dan 2 oke, tapi yang ketiga kami tidak setuju, yang isinya Emil harus mendukung Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2019," ujar Sunatra, di Kantor DPRD Jabar, Senin 20 Maret 2017.

Menurut Sunatra, NasDem hanya memiliki lima kursi di DPRD Jabar. Ia menilai NasDem bakal kesulitan menemukan partai untuk berkialisi.

"Masa partai besar ikut kepada partai kecil, seharusnya sebaliknya, kami tegaskan Gerindra tidak koalisi dan akan segera melaksanakan Rapimda di Bandung, untuk langkah ke depan," lanjut Sunatra.

Kemarin, NasDem mendeklarasikan dukungan untuk Emil melaju ke Jabar 1 pada 2018. Dalam deklarasi, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Emil menyepakati tiga hal.

Baca: Tiga Kesepakatan Surya Paloh-Ridwan Kamil

1. Apabila rakyat telah memberikan amanah dan menempatkan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif Jawa Barat, dalam melaksanakan fungsi, peran, dan tugas jabatan yang diemban, Ridwan Kamil harus bisa menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat Jawa Barat.

2. Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat dan partai politik ketika nantinya memimpin Jabar. Dengan demikian, Kang Emil tidak bergabung dengan partai apa pun, termasuk NasDem.

3. Emil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan di bawah dirinya. Dengan begitu, masyarakat diharap dapat memahami arti pembangunan nasional sekaligus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mempercepat proses pembangunan sekaligus persiapan pemilihan presiden 2019.
 
Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa, mengakui modal mengusung calon sendiri cukup kecil. Lantaran itu, NasDem bakal berkonsolidasi dengan partai politik lain. Saan menyebutkan PDI Perjuangan dan Gerindra.

Baca: Gerindra dan PDIP Diyakini akan Usung Ridwan Kamil

"Saya diskusi dengan Kang Emil, Gerindra yang sejauh ini sudah menyatakan berminat menyokong Kang Emil dan juga PDIP," kata Saan.

Hubungan Gerindra dengan Emil tak asing lagi. Pada Pemilihan Wali Kota Bandung 2013, Emil yang berpasangan dengan Oded M Danial mendapat dukungan dari Gerindra dan PKS.

Lihat video:




(RRN)