Mantan Wakil Bupati Cirebon Diminta Menyerahkan Diri

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 17 Mar 2017 16:39 WIB
kasus korupsi
Mantan Wakil Bupati Cirebon Diminta Menyerahkan Diri
Mantan Wakil Bupati Cirebon Tasiya Soemadi -- ANT/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Mantan Wakil Bupati Cirebon Tasiya Soemadi alias Gotas hingga saat ini masih buron. Kejaksaan Negeri Cirebon dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat masih berupaya mengendus jejak Gotas.

"Gotas masih kita cari, itu pekerjaan rumah bagi kita (Kejaksaan)," kata Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Setia Untung Arimuladi di Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat, Jumat, 17 Maret 2017.

Untung menegaskan, pihaknya berharap terpidana korupsi dana hibah Kabupaten Cirebon ini segera menyerahkan diri dan melaksanakan putusan pengadilan. "Semoga yang bersangkutan sadar dan bisa menyerahkan diri," tuturnya.

Terkait kabar bahwa Gotas berada di Ujung Kulon, Untung menegaskan bahwa seluruh informasi terkait mantan orang nomor satu di Kabupaten Cirebon ini masih ditampung pihaknya. "Seluruh informasi sekecil apa pun, kita tampung pokoknya," tegasnya.

(Baca: Kejati Jabar Buru Wakil Bupati Cirebon)

Gotas terjerat kasus penyaluran dana hibah saat menjabat Ketua DPRD Cirebon periode 2009-2012. Ia mendapatkan potongan dana hibah ke masyarakat itu melalui Subekti Sunoto dan Emon Purnomo.

Dalam putusan Mahkamah Agung (MA), Gotas terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. MA menjatuhkan hukuman penjara 5 tahun 6 bulan dan denda Rp200 juta dengan subsider 6 bulan penjara.

Majelis hakim juga mengharuskan Gotas membayar uang pengganti Rp159 juta. Bila tidak dibayar, harta benda Gotas dapat disita jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Bila harta terdakwa tidak mencukupi, akan diganti dengan pidana penjara 1 tahun.

Dalam putusan itu, MA juga memerintahkan agar Gotas segera ditahan. Setelah lima bulan divonis, Gotas tak kunjung berhasil dieksekusi.

(Baca: Status Buron Wakil Bupati Cirebon)


(NIN)