Banjir Surut, Pasteur Bisa Dilintasi meski Padat

Roni Kurniawan, Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 24 Oct 2016 17:41 WIB
bencana banjir
Banjir Surut, Pasteur Bisa Dilintasi meski Padat
Kepadatan Jalan Dr Djunjunan (Pasteur), Bandung, Jabar, beberapa saat usai banjir surut, Senin (24/10/2016). (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Banjir yang menggenang di ruas Jalan Dr. Djundjunan, Kota Bandung, Jawa Barat mulai surut sekitar pukul 15.00 WIB, Senin 24 Oktober. Kendaraan roda empat maupun roda dua bisa kembali melintas di kawasan yang sohor disebut Pasteur itu.

Banjir paling parah terjadi di depan Bandung Trade Center. Ketinggian air mencapai satu meter. Tak sedikit kendaraan terjebak bahkan mogok di tengah banjir.

Baca: Beberapa Mobil Terseret Banjir di Pasteur Bandung

"Tadi sekitar jam tiga kurang sudah surut, pas hujan reda. Sekarang sudah mulai ramai lagi mobil," ujar Atang, 38, salah seorang juru parkir di kawasan Pasteur.

Menurut Tatang, genangan air kerap terjadi saat hujan mengguyur Bandung. Pasalnya kawasan Pasteur, terutama di depan BTC. Sebab, kontur jalan terbilang cukup cekung sehingga terjadi genangan air.

"Ini kan jalannya sedikit cekung jadi kalau hujan deras lalu selokan tidak jalan jadi banjir. Tapi enggak lama tadi sudah surut lagi," tuturnya.


Kondisi lalu lintas Simpang Pasteur, Bandung, Jawa Barat. (Metrotvnews.com/Octavius Dwi Sutrisno)

Namun diakui Tatang banjir yang kini terjadi di Pasteur disertai dengan meluapkan Sungai Citepus yang mengalir melewai kawasan tersebut.

Baca: Warga Bandung: Banjir Datang Begitu Cepat

"Dulu sama sempat banjir juga. Cuma ini lebih parah," pungkasnya.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus mengatakan lajur jalan dari kedua arah yaitu, dari keluar pintu tol Pasteur dan sebaliknya sudah bisa dilewati. Hanya, lalu lintas padat. 

Banjir sempat membuat polisi menutup akses jalan dari gerbang tol Pasteur. Kendaraan diminta kembali ke dalam tol untuk mencari pintu keluar lainnya. 

Kepadatan kendaraan pun sempat terjadi dari arah Gasibu yang hendak ke Pasteur melalui jembatan layang Pasopati. Bahkan petugas kepolisian pun sempat menutu jalan menuju Pasteur di tengah-tengah Pasopati dan dialihkan ke turun ke arah Jalan Cihampelas.


(SAN)