Emil Tak Bisa Jawab Ditanya Penyebab Banjir Bandung

Roni Kurniawan    •    Selasa, 25 Oct 2016 18:39 WIB
banjir pasteur bandung
Emil Tak Bisa Jawab Ditanya Penyebab Banjir Bandung
Mobil yang hanyut akibat banjir, ditemukan. Foto: BPBD Bandung

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengaku sudah melakukan berbagai langkah mencegah banjir di Kota Bandung, Jawa Barat. Bahkan, kata dia, Pemkot Bandung tengah mengebut perbaikan saluran air di beberapa titik.

Emil menargetkan 19 ruas jalan yang terdapat gorong-gorong segera tuntas dalam waktu dekat. "Ini menunjukkan setiap tahun kami mencicil perbaikan," kata Emil, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Selasa (25/10/2016).

Dia mengaku heran dengan banjir yang menerjang beberapa ruas jalan di Kota Bandung, Senin 24 Oktober. Salah satunya di kawasan Jalan Pagarsih yang salurannya sudah diperlebar.

"Saluran di Pagarsih sudah diperlebar 2x2 meter kali dua, tetapi masih begitu juga. Saya belum tahu, saya enggak bisa jawab," kata dia ditanya apa penyebab banjir, Selasa (25/10/2016).

Emil juga tak bisa jawab saat ditanya penyebab banjir di Jalan Dr Djundjunan (Pasteur) yang sempat melumpuhkan arus lalu lintas. Emil mengaku rutin membersihkan aliran Sungai Citepus yang melintasi kawasan Pasteur.

"Setiap dua minggu tim membersihkan sampah yang nyangkut-nyangkut di sana," kata dia.

Namun, perbaikan yang dilakukan belum terasa dampaknya bagi masyarakat. Emil pun menyampaikan permintaan maaf dan berkomitmen mengentaskan banjir.

"Saya bertanggung jawab terhadap bencana ini," kata pria yang juga berprofesi sebagai arsitek ini.

 


(UWA)