Peringati HUT Metro TV, Penderita Katarak di Cianjur Ikut Operasi Gratis

Nur Achmad    •    Selasa, 15 Nov 2016 14:04 WIB
metro tv
Peringati HUT Metro TV, Penderita Katarak di Cianjur Ikut Operasi Gratis
Warga penderita katarak mengantre untuk menjalani operasi gratis di Cianjur, Metro TV - Nur Achmad

Metrotvnews.com, Cianjur: Sebanyak 157 warga Cianjur, Jawa Barat, menjadi peserta bakti sosial operasi katarak di Puskesmas Ciranjang. Mereka menjalani operasi secara gratis.

Kegiatan itu merupakan kerja sama Media Group dengan Rumah Sakit Cicendo. Kegiatan yang juga menggandeng Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) itu merupakan bagian dari peringatan hari ulang tahun ke-16 Metro TV.

Sejak pagi, Selasa 15 November, warga mengantre di Puskesmas. Mereka melakukan registrasi lalu bersiap dengan mengenakan pakaian khusus operasi.

Muhajir, peserta bakti sosial, mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Apalagi, kegiatan itu ditujukan untuk warga kurang mampu.

"Semoga saya dan peserta lain dapat kembali melihat secara normal," harap Muhajir.

Kepala Puskesmas Ciranjang dr Elfira Firdaus mengatakan antusiasme warga cukup tinggi terhadap kegiatan tersebut. Elfira juga menyebutkan operasi dapat dilakukan bila peserta dinyatakan sehat.

"Setelah itu, barulah operasi mata katarak dilakukan," ujar Elfira.

Elfira mengaku mendapat informasi kegiatan ini dari pemerintah provinsi. Elfira berterima kasih pada pihak yang membantu memulihkan daya penglihatan warga di Ciranjang.

Tentang katarak
Menurut ahli dari American Academy of Ophthalmology, dunia medis mengenal katarak sebagai salah satu gangguan dan menjadi tanda masalah pada kesehatan. 

Katarak muncul saat lensa mata berkabut. Kondisi ini biasanya terjadi di usia tua. Namun gangguan ini juga bisa terjadi pada perokok, atau mata yang kerap terpapar sinar matahari dan menderita trauma.

Baca: 5 Penyakit Mata yang Perlu Anda Ketahui

Operasi meripakan cara untuk menyembuhkan katarak. Operasi modern hanya dilakukan dengan membuat sayatan kecil kurang dari 3 mm. Jika tidak operasi, mata Anda akan semakin menurun penglihatannya dari waktu ke waktu dan operasi akan lebih sulit jika katarak sudah parah.
 


(RRN)