Getaran Gempa Subang Terasa Hingga Sukabumi

   •    Rabu, 19 Oct 2016 09:21 WIB
gempa bumi
Getaran Gempa Subang Terasa Hingga Sukabumi
Ilustrasi gempa. (AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gempa bumi yang berpusat di Subang, Jawa Barat, berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) yang terjadi sekitar pukul 07.25 WIB, Rabu (19/10), terasa hingga Sukabumi, Jawa Barat.

"Saat getaran gempa saya sedang berada di pasar. Walaupun tidak lama tetapi getarannya cukup terasa oleh saya dan beberapa pedagang lain," kata salah seorang warga Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Suhendi, di Sukabumi, melansir Antara, Rabu.

Tidak hanya di wilayah Kabupaten Sukabumi, gempa Subang tersebut juga dirasakan oleh warga Kota Sukabumi. Seperti warga Kampung Benteng Kidul, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Dina Nurlela mengatakan saat gempa terjadi ia tengah mengasuh anaknya di dalam rumah.

"Walaupun hanya sebentar saya sempat terkejut dan langsung keluar rumah khawatir ada gempa susulan yang kekuatannya lebih besar," katanya.

Sementara, Humas PMI Kabupaten Sukabumi, Atep Maulana mengatakan pihaknya langsung bersiaga pascagempa yang berpusat di Subang, khawatir dampak dari getarannya menyebabkan kerusakan di Kabupaten Sukabumi.

"Kami belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan akibat dampak dari gempa itu, namun petugas sudah saya siagakan antisipasi," kata Atep.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya bmkg.go.id menyebutkan gempa yang berpusat di Subang itu terjadi pada pukul 07:25 WIB, titik magnitudo berlokasi di timur laut Subang dengan kedalaman epicentrum gempa 654 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.


(MEL)