Sesepuh Ponpes Buntet Wafat di Inggris

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 26 Apr 2018 14:46 WIB
obituari
Sesepuh Ponpes Buntet Wafat di Inggris
Sesepuh Pondok Buntet Pesantren Cirebon, Kiai Nahduddin Royandi Abbas, wafat di Barnet Hospital London, Inggris, pada Rabu, 25 April 2018. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Sesepuh Pondok Buntet Pesantren Cirebon, Kiai Nahduddin Royandi Abbas, wafat di Barnet Hospital London, Inggris, pada Rabu, 25 April 2018.

Mbah Din wafat pada usia 82 tahun dengan meninggalkan dua putra dan seorang isteri. Putra bungsu Kiai Abbas Abdul Jamil ini sempat menjalani perawatan secara intensif sekitar dua minggu karena penyakit yang dideritanya.

Mbah Din tinggal di Inggris sejak tahun 1958 dan bertugas di Kedutaan besar. Kiai yang lihai dalam ekonomi ini juga sempat tinggal di Mekkah dan beberapa negara lainnya.

Walaupun tinggal di Inggris, Mbah Din terus memantau dan membimbing Pondok Buntet Pesantren setelah menggantikan posisi kakaknya, Kiai Abdullah Abbas, sebagai sesepuh Pondok Pesantren Buntet.

Nemi Mutasimbillah, keluarga almarhum mengatakan, jenazah diperkirakan tiba di Indonesia pada hari Minggu, 29 April 2018. Rencananya, jenazah juga akan dikebumikan pada hari yang sama di Komplek Pondok Buntet Pesantren.

"Insyaallah hari minggu jenazah beliau tiba di Indonesia, sekaligus dimakamkan di Pondok Buntet Pesantren," kata Nemi.

Ucapan belasungkawa dikirimkan sejumlah tokoh nasional. Sebut saja politisi Partai Solidaritas Indonesia Tsamara Amani; putri Gus Dur, Allisa Wahid; Guntur Romli, Cagub Jabar Dedi Mulyadi, Nadirsyah Hosen dan tokoh lainnya.

Mereka menuliskan ucapan duka cita melalui akun media sosialnya masing-masing.

"Innalillahi wa inna ilahi rajiun. Turut berduka cita atas wafatnya sesepuh Pesantren Buntet Cirebon, Kiai Nahduddin Royandi Abbas," tulis Tsamara Amany Alatas dalam twitternya.


(SUR)