GT Cikarang Utara Kurangi Beban Jalan Arteri Bekasi

Antonio    •    Senin, 27 Aug 2018 20:15 WIB
lalu lintasinfrastruktur
GT Cikarang Utara Kurangi Beban Jalan Arteri Bekasi
GT Cikarang Utara akan dibuka nanti malam. Akses ini dibuka agar kendaraan bertonase besar dari Pelabuhan Tanjung Priok dan melintas di dalam Jalan Tol Jakarta-Cikampek lebih mudah untuk menuju ke pelabuhan daratan (dry port) di Kawasan Jababeka, Cikarang

Bekasi: Pemerintah Kabupaten Bekasi merespon positif dibukannya Gerbang Tol Cikarang Utara yang diutamakan bagi kendaraan berat, seperti truk dan mobil peti kemas, dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Cikarang Dry Port di Jababeka, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi Jamaludin mengatakan, jalur khusus itu akan mengurangi beban jalan arteri.

Sebelum dibukanya GT tersebut, kendaraan bertonase besar dari arah Jakarta yang hendak menuju Cikarang Dry Port keluar dari jalan tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Barat. Kendaraan tersebut melintas di jalan arteri Jalan Raya Serang – Cibarusah dan Kalimalang. Kedua jalur itu terdampak.

Baca: GT Cikarang Utara Hanya Bisa Diakses dari Arah Jakarta dan Cikarang

Beroperasinya GT Cikarang Utara membuat kendaraan dari Pelabuhan Tanjung Priok bisa langsung ke Cikarang Dry Port melalui jalan yang ada di kawasan industri.

"Beban arteri otomatis berkurang," kata dia di Bekasi, Senin 27 Agustus 2018.

Kerusakan jalan arteri juga dapat ditekan dengan pengurangan kendaraan berat yang melintas.

Gerbang Tol Cikarang Utara mulai beroperasi malam ini pukul 00.00 WIB. Hanya kendaraan dari arah Jakarta dan Cikarang yang bisa melintas di GT tersebut.

Baca: GT Cikarang Utara Mulai Dibuka Malam Ini


(SUR)