Tol Cipali Siap Hadapi Dampak Bandara Kertajati

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 24 May 2018 15:02 WIB
infrastrukturbandaraBandara Internasional Jawa Barat
Tol Cipali Siap Hadapi Dampak Bandara Kertajati
Suasana bangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Antara/M Agung Rajasa

Cirebon: Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka, pada Kamis, 24 Mei 2018. Tol Cikopo-Palimanan menjadi salah satu jalur utama untuk menuju bandara tersebut.

PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator Tol Cipali sudah siap menampung peningkatan pengguna Tol Cipali. Pengguna bandara terbesar kedua di Indonesia itu akan mengatrol arus tol karena hanya berjarak sekitar 4 kilometer.

"Kami sudah memiliki gerbang Tol Kertajati untuk menuju bandara," ujar General Manager PT LMS Suyitno, Kamis, 24 Mei 2018.

Gerbang Tol Kertajati sendiri baru memiliki dua gardu. Namun, dua gerbang bersistem pembayaran nontunai dirasa sudah mencukupi. Tak tertutup kemungkinan penambahan gardu bila pengguna tol terus meningkat.

Pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak bandara. Terutama untuk mengukur penumpang yang akan menggunakan Bandara Kertajati.

Suyitno menambahkan, ada rencana pembangunan jalan tol dari Tol Cipali yang langsung menuju Bandara Kertajati. Namun, hal tersebut merupakan rencana jangka panjang dan masih ada dalam pembahasan konsultan.


(SUR)