Tiga Buruh Serabutan Pencuri Motor Ditangkap

Antonio    •    Selasa, 05 Jun 2018 08:56 WIB
curanmor
Tiga Buruh Serabutan Pencuri Motor Ditangkap
Pelaku pencurian kendaraan bermotor. (Medcom.id/Antonio)

Bekasi: Tiga buruh serabutan, Dedi, Asep Saepudi,n dan Selvio Arkino, hanya bisa tertunduk saat dibawa petugas kepolisian Polres Metro Bekasi Kota karena aksi pencurian sepeda motor.

Mereka sudah lima kali beraksi selama dua bulan ke belakang di wilayah Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. Aksi terakhirnya di Jalan Arjuna, RT 12/13, Duren Jaya, Bekasi Timur.

Ketiga orang itu ditangkap setelah bertransaksi jual-beli dengan seorang penadah asal Batujaya, Karawang, di sekitar wilayah Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.

"Penangkapan ketiga orang itu berawal dari laporan warga yang mengaku kehilangan sepeda motor," kata Kasat Reskrim AKBP Jairus Saragih, di Bekasi, Senin malam, 4 Juni 2018.

Dia menuturkan, pihaknya segera mengejar pelaku setelah penyelidika. Pelaku berhasil ditangkap di Cabangbungin. Dalam beraksi, ketiga pelaku hanya bermodal kunci letter T. 

"Sasarannya kendaraan yang diparkir di depan rumah. Jika keadaan mendukung, mereka langsung beroperasi," terangnya.

Kapten pencurian itu ialah Asep. Asep merupakan eksekutor pencurian. Dedi sebagai joki dan Selvio memantau situasi. Untuk mengambil satu sepeda motor, pelaku hanya butuh 5 sampai 15 menit. 

"Kunci  letter T selalu dibawa dan bisa dibongkar pasang, bisa diganti sesuai kebutuhan. Saat ingin membuka kunci pengaman pada stop kontak motor, mereka menggunakan bagian atas yang berbentuk lempengan seperti magnet," jelasnya. 

Jika sudah berhasil, diganti dengan bagian atas yang berujung tajam untuk merusak rumah kunci dan kunci ganda serta menghidupkan sepeda motor.

"Mereka menjual motor hasil curian seharga Rp2 juta dibagi masing-masing kelompok, mereka juga mengaku bahwa ada penadah motor curian di kawasan Karawang," kata Jairus di Bekasi, Senin 4 Juni 2018 malam.

Asep mengaku bahwa sasarannya adalah motor matik. Ia beraksi di Perumnas III dan Kampung Cerewet, Duren Jaya, Bekasi Timur. "Ada asbak (penadah) di Batu Jaya yang beli (hasil pencurian)," ujarnya.

Atas perbuatannya, ketiga orang tersebut mendekam di sel tahanan Polsek Bekasi Timur.  Mereka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.



(LDS)