Sejumlah Jurus Polisi Urai Kemacetan Saat Pembukaan PON

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 14 Sep 2016 15:00 WIB
pon 2016
Sejumlah Jurus Polisi Urai Kemacetan Saat Pembukaan PON
Foto aerial Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Bandung, Jabar, Minggu (4/9/2016). Foto: Antara/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Bandung: Polda Jabar menyiapkan sejumlah cara untuk mengurangi kemacetan lalu lintas saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional XIX di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jalan Gede Bage, Kota Bandung, Sabtu 17 September 2016.

Wakapolda Jabar, Brigjen Nana Sujana, mengatakan kemacetan pasti terjadi saat pembukaan PON nanti. Namun, Polda Jabar optimistis mampu mengantisipasi persoalan itu.

"Saat pembukaan nanti kita akan adakan buka tutup jalan di jalan keluar maupun masuk stadion, terutama di Jalan Soekarno Hatta," kata Nana usai apel gelar pasukan pengamanan PON dan Papernas Jabar 2016, di Stadion GBLA, Rabu (14/9/2016).

‎Sebanyak 27 ribu penonton akan datang ke Stadion GBLA. Nana mengimbau penonton menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke tempat pembukaan. 

"Masyarakat bisa menggunakan bus. Nanti diantar sampai luar stadion. Untuk masuk ke stadion, mereka bisa menggunakan shuttle bus yang telah disiapkan panitia," kata dia.

Selanjutnya, menurut Nana, bagi masyarakat yang tetap ingin membawa kendaraan pribadi, polisi telah menyiapkan kantong-kantong parkir.

"Untuk parkir sudah kita siapkan di luar stadion GBLA, yakni di lahan sekitar Dinas Perhubungan, kemudian Gede Bage, dan di kanan kiri lahan Polda Jabar. Masih banyak lahan kosong," kata dia.

Penutupan jalan menjadi opsi terakhir jika volume kepadatan lalu lintas meningkat. "Kita lihat situasi. Penutupan kita lakukan kalau ada kemacetan. Jadi situasional, sama juga seperti perlakuan terhadap tol KM 149," ujarnya.




(UWA)