Bupati Uu: Jabar tak Bisa Lepas dari Politik Identitas

Surya Perkasa    •    Rabu, 04 Oct 2017 18:14 WIB
pilkada serentakpilgub jabar 2018
Bupati Uu: Jabar tak Bisa Lepas dari Politik Identitas
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum saat media visit ke kantor Media Group, Kedoya, Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017. Foto: MTVN/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilihan Gubernur Jawa Barat tidak akan lepas dari politik identitas. Politik identitas bukan hal tabu. Dan, Jabar memang harus dipimpin orang yang beridentitas sama dengan warganya.

"Supaya nyambung begitu. Jadi warga kotak, pemimpin kotak. Pemimpin tahu apa maunya warga. Itu yang penting," kata Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum saat media visit ke kantor Media Group, Kedoya, Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017.

Menurut dia, kalau pemimpin dan yang dipimpin seirama, niscaya peran pemerintah akan maksimal. Gesekan kepentingan dan potensi konflik politik karena perkara SARA bisa tertekan. Terutama untuk daerah Jawa Barat.

Selain itu, dia menilai, Jabar harus dipimpin tokoh berpengalaman. Mereka lebih memahami kepentingan warga. "Karena kan, maaf saja, banyak pemimpin yang tidak tahu apa yang dibutuhkan warga. Warga butuhnya pasar, dibikin terminal. Kan jadinya enggak ketemu," kata Uu.


Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum berbincang dengan Pemimpin Redaksi Metrotvnews.com, Abdul Kohar, dan pemimpin Metro TV dan Media Indonesia saat media visit ke kantor Media Group, Kedoya, Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017. Foto: MTVN/Surya Perkasa

Berangkat dari dua syarat itu pula UU terpanggil untuk ikut kompetisi Pilgub Jabar 2018. Dia juga merasa punya pondasi kuat, misalnya, sukses menciptakan ketahanan pangan di Tasikmalaya. Tasikmalaya bahkan sampai bisa mengekspor beras, sehingga peringkat kinerja kabupaten melompat jauh.

"Alhamdulillah, sekarang sudah peringkat ke-20 secara nasional," Uu tertawa.

Uu menanggapi santai informasi seputar hubungannya dengan Ridwan Kamil. Politikus PPP itu sempat disebut sebagai salah satu kandidat terkuat pendampin Emil. Dia tak mau bicara banyak, sebab tak ada yang pasti dalam politik. Tapi, dia mengakui sangat dekat dan memiliki visi sama dengan Emil.

"Saya sudah sering bertemu dengan beliau (Ridwan Kamil) di berbagai kesempatan dan beliau adalah sosok yang visioner serta memiliki visi dan misi sama dengan saya untuk memimpin Jawa Barat menjadi lebih baik kedepannya," pungkas Uu.


Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum berbincang bersama Pemimpin Redaksi Metrotvnews.com, Abdul Kohar, saat media visit ke kantor Media Group, Kedoya, Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017. Foto: MTVN/Surya Perkasa
 


(SUR)