Okupansi Hotel di Cirebon Menurun Usai Kehadiran Jalan Tol

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 27 Oct 2017 16:22 WIB
hotelinfrastrukturjalan tol
Okupansi Hotel di Cirebon Menurun Usai Kehadiran Jalan Tol
Salah satu tamu hendak masuk di Hotel Tryas Cirebon. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com,Cirebon: Okupansi atau tingkat hunian hotel di Cirebon, Jawa Barat, menurun drastis pascakehadiran jalan tol di wilayah tersebut. Jika sebelumnya okupansi tiap bulan bisa mencapai 70-80 persen, kini hanya mencapai 40-55 persen dalam setiap bulannya.

Manager Operasional Hotel Tryas Cirebon Enting Haryani mengatakan, biasanya hotel di Cirebon selalu dipenuhi pengunjung. Baik wisatawan ataupun masyarakat yang transit dalam perjalanan.

"Tapi pas ada tol, berkurang secara drastis," kata Enting, Jumat 27 Oktober 2017.

Penurunan okupansi hotel terjadi secara bertahap. Saat Tol Palikanci mulai beroperasi, okupansi hotel di Cirebon berada dikisaran 55-60 persen setiap bulannya. Namun, ketika tol tersebut sudah menembus hingga ke Jawa Tengah, okupansi hotel kembali menurun hingga 40-55 persen.

"Hotel di Cirebon lebih terpukul," kata Enting.

(Klik: Pembangunan Jalan Tol akan Dorong Investasi)

Hal tersebut juga diamini oleh Marketing Hotel Grand Tryas, Yanti. Pihaknya mencoba mengatasi penurunan okupansi ini, dengan memberikan harga khusus pada setiap hari-hari tertentu.

Penurunan okupansi hotel di Cirebon seiring terkikisnya masyarakat yang transit di Cirebon karena waktu perjalanan terpangkas jalan tol. Selain itu, wisatawan yang sebelumnya menginap lebih banyak melakukan tur sehari.

"Karena sekarang, wisatawan dari Bandung atau Jakarta, hanya membutuhkan waktu sedikit untuk menuju Cirebon," kata Yanti.

(Baca: Jalan Tol Semarang-Solo Naikkan Ekonomi Jateng)
 


(SUR)