Dinkes Sumedang Intensif Tangani 40 ODHA

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 24 Jan 2018 23:26 WIB
hiv
Dinkes Sumedang Intensif Tangani 40 ODHA
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Sumedang: Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang intensifkan penanganan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Saat ini pemerintah Kabupaten Sumedang menangani 40 ODHA.

"Sedangkan yang telah menjalani pemeriksaan terkait HIV di puluhan Puskesmas kami ada 786 orang," Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Reny K. Anton, Rabu, 24 Januari 2018.

Dinkes Sumedang menyiapkan tim di setiap Puskesmas yang berada di wilayah Sumedang untuk pengidap HIV/AIDS. Walaupun mereka dianjurkan untuk menjalani pengobatan di RSU Sumedang.

Saat ini sudah ada empat puskesmas yang menyediakan pengobatan antiretrovial (ARV). Empas Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Darmaraja, Puskesmas Tanjung Sari, Puskesmas Paseh dan Puskesmas Sukamantri.

"Rencananya nanti di seluruh Puskemas Sumedang diupayakan untuk ada pelayanan ini. Melihat di RSUD Sumedang, untuk poli AIDS hanya buka satu hari dalam seminggu yaitu hari Selasa," paparnya.

Menanggapi jumlah ODHA di wilayah Sumedang, Reny berharap pencegahan dan penangan tidak hanya dilepaskan ke Dinas Kesehatan. Dia berharap seluruh elemen turun berperan mencegah penyebaran virus HIV.

"Kita harus berusaha semaksimal mungkin, mulai dari penyuluhan di kalangan remaja dan pendidikan mengenai bahaya HIV/AIDS, hingga ke bidang agama," pungkasnya.
 


(SUR)