Puncak Luapan Air Bogor Diperkirakan Tiba Pukul 21.00 di Jakarta

Rizky Dewantara    •    Senin, 05 Feb 2018 15:41 WIB
banjir jakarta
Puncak Luapan Air Bogor Diperkirakan Tiba Pukul 21.00 di Jakarta
Ilustrasi Bendung Katulampa/MI/Dede Susianti

Bogor: Hujan yang mengguyur Kota dan Kabupaten Bogor sejak Minggu, 4 Februari 2018, hingga Senin, 5 Februari 2018, membuat status Bendung Katulampa, Bogor, naik menjadi siaga 1 atau volume air mencapai 240 sentimeter. 

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, memantau langsung ke Bendung Katulampa. Bima Arya meminta petugas untuk bersiaga terkait kenaikan status Bendung Katulampa. Bima pun berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mewaspadai volume air yang akan tiba di Ibu Kota DKI Jakarta sekitar pukul 21.00 WIB. 

"Jadi, pagi ini sudah siaga satu, 240 sentimeter. Sempat turun sedikit. Batas siaga satu kan 220 sentimeter. Pertama kami berkoordinasi untuk mengatisipasi adanya luapan air di sepanjang titik-titik yang dilalui aliran sungai. Kami berkoordinasi  dengan Kapolres dan BPBD agar berpatroli ke titik-titik tersebut," kata Bima Arya di Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 Februari 2018.

Bima mengimbau warga Jakarta dan sekitarnya untuk bersiaga dan mewaspadai aliran air yang akan tiba dari Bogor ke Jakarta dalam beberapa waktu ke depan. Bima mengaku telah melaporkan perkembangan teranyar ke Gubernur DKI agar bisa diantisipasi. Sampai saat ini, kata Bima, sudah ada laporan titik genangan air di 13 wilayah Kota Bogor. 

"BPBD siap, Tagana siap, logistik disiapkan, posko-posko disiagakan. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Kapolresta Bogor untuk mengantisipasi arus lalu lintas karena ada jalur yang ditutup dan dialihkan akibat luapan air, seperti di kawasan Jambu Dua, Bogor Utara," kata dia. 


(LDS)