Waspada, Dampak Siklon Tropis Datang Lagi ke Arah Barat

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 05 Dec 2017 10:03 WIB
siklon tropis cempaka
Waspada, Dampak Siklon Tropis Datang Lagi ke Arah Barat
Ilustrasi cuaca ekstrem, Medcom.id - M Rizal

Bandung: Kemunculan Siklon Tropis Dahlia melemah. Tapi warga masih harus mengantisipasi kemunculan Depresi Tropis (ex-Dahlia) yang mengarah ke sebelah barat Indonesia.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati mengatakan bibit siklon tropis terpantau di sebelah barat perairan Aceh. Diperkirakan, katanya, dalam waktu dua hari, siklon tropis bergerak menjauhi Indonesia.

Menurut Dwikora, bibit siklon tak berada dalam area yang menjadi tanggung jawab pusat peringatan dini siklon tropis Jakarta. Tapi, Indonesia tetap terkena efek.

"Seperti hujan terutama sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Kondisi ini pun berdampak pada peningkatan gelombang hingga 4 meter, angin kencang, hujan lebat dan potensi kilat atau petir," kata Dwikora dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, Senin malam, 4 Desember 2017.

Akibatnya, hujan deras terjadi di wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Beliting, Jatim, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, hingga Papua. Tiupan angin cukup kencang kurang lebih 20 knot per jam di wilayah Sumut dan Aceh.

Sementara itu, hujan dengan curah rendah terjadi di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah bagian utara. Kondisi itu diprediksi terjadi mulai 3 hingga 12 Desember 2017.

Dwikora menghimbau warga mewaspadai dampak hujan deras. Misalnya pohon tumbang dan gelombang tinggi.

"Desember 2017 sampai dengan Februari 2018 merupakan periode puncak musim hujan, khususnya bagi wilayah Sulawesi Selatan, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara, maka perlu diwasapadai wilayah-wilayah yang rentan dan berpotensi akan terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti banjir, genangan, dan longsor," pungkasnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, dua siklon berdampak pada Indonesia. Siklon Tropis Cempaka terjadi di perairan selatan Pulau Jawa. Siklon tersebut mempengaruhi cuaca di sebagian wilayah Indonesia, seperti hujan deras dan angin kencang.

Daerah paling parah terkena dampak yaitu Pacitan, Jawa Timur. Beberapa kecamatan di Pacitan terendam banjir. Longsor juga membuat akses menuju Pacitan putus. BPBD Pacitan mencatat kurang lebih 25 warga tewas.

Baca: Siklon Tropis Dahlia Aktif Hingga 3 Desember

Beberapa hari kemudian, Siklon Tropis Dahlia pun muncul. Namun pada 4 Desember 2017, BMKG memantau siklon tersebut bergerak menjauhi Indonesia menuju wilayah Australia. 


(RRN)