Tangani Warga Sakit, Dedi Mulyadi Luncurkan Program Sampurasun Dokter

Reza Sunarya    •    Rabu, 12 Jul 2017 14:36 WIB
berita purwakarta
Tangani Warga Sakit, Dedi Mulyadi Luncurkan Program Sampurasun Dokter
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meresmikan program Sampurasun Dokter (Foto:Reza Sunarya)

Metrotvnews.com, Purwakarta: Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi pada hari ini, Rabu, 12 Juli 2017, meresmikan program Sampurasun Dokter. Program ini mempermudah konsultasi kesehatan warga dengan dokter dan tenaga medis.

Pada tahap awal, program Sampurasun Dokter diresmikan di Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu. Aplikasi Sampurasun Dokter dapat diunduh melalui aplikasi Ogan Lopian atau bisa juga langsung menghubungi dokter via nomor 085737814884.

"Jadi, nanti dokter yang akan mendatangi rumah warga yang sakit. Dokter tersebut melayani masyarakat 24 jam," ujar Dedi Mulyadi.

Pada aplikasi ini  terdapat menu Laporan Warga, Sampurasun Dokter, Sampurasun Bidan, Sampurasun Polisi, Destinasi Wisata dan Lokasi Penting. Jumlah dokter sendiri akan disipkan sebanyak 70 dokter untuk 183 desa.

"Warga Purwakarta bisa mengaksesnya dengan mendaftar di aplikasi itu. Tinggal memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP elektronik karena terkoneksi dengan Disdukcapil, via telepon juga bisa," kata Dedi.


Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meresmikan program Sampurasun Dokter (Foto:Reza Sunarya)

Dokter yang bertugas di desa itu, Ayu Mutiara, menjelaskan, ia akan siaga menunggu panggilan dari warga baik via pesan singkat (SMS) maupun via aplikasi Ogan Lopian.

"Prinsipnya, saya standby menunggu panggilan warga yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan. Setiap ada panggilan, akan terdeteksi melalui server," kata Ayu.


(ROS)