Karawang Kekurangan Guru PNS

Cikwan Suwandi    •    Selasa, 22 Aug 2017 12:07 WIB
guru
Karawang Kekurangan Guru PNS
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Karawang: Seluruh sekolah negeri di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kekurangan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini disebabkan jumlah guru PNS purnabakti setiap tahunnya tidak sebanding dengan penerimaan PNS yang diberikan pemerintah pusat.

"Bahkan, ada sekolah dasar yang berstatus PNS hanya kepala sekolahnya saja. Sedangkan, seluruh gurunya honorer," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Asep Supriatna, Selasa 22 Agustus 2017.

Menurut Asep, tahun ini ada 200 guru pensiun. Kemudian, pada 2018 lebih dari 200 guru juga pensiun.

"Hingga 2020, diperkirakan ada sekitar 2.000 guru di Karawang pensiun. Mereka adalah PNS yang diangkat pada 1970-an," terang Asep.

Hingga saat ini, lanjut Asep, pemerintah pusat belum melakukan pengangkatan guru PNS untuk jalur umum. Setelah sebelumnya pernah dilakukan pada 2014.

"Pada 2014 itu sekitar 500 guru yang diterima di jalur umum," katanya.

Sementara, untuk kategori 2 (K2) saat ini menyisakan 1.691 guru honorer. "Saya belum jelas kalau untuk K2, seperti apa kelanjutannya," kata Asep.

Asep mengakui, kekurangan guru PNS sangat mempengaruhi dunia pendidikan di Kabupaten Karawang. Sebab, kesejahteraan guru berbanding lurus dengan kualitas pendidikan.

"Harapan kita adalah setiap guru negeri ini ya harus PNS. Tetapi, fakta di lapangan berbeda," pungkasnya.


(NIN)