Kepala Bappenas Pastikan Ibu Kota Dipindah ke Luar Jawa

Bayu Anggoro    •    Jumat, 25 Aug 2017 16:25 WIB
pemerintah
Kepala Bappenas Pastikan Ibu Kota Dipindah ke Luar Jawa
Suasana lalu lintas di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Ant - M Adimaja

Metrotvnews.com, Bandung: Ibu Kota Republik Indonesia bakal pindah ke luar Pulau Jawa. Bila pengkajian usai pada 2017, maka persiapan pemindahan Ibu Kota bakal dilakukan tahun depan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan masih mengkaji wacana pemindahan Ibu Kota. Hasil kajian dapat diketahui di akhir tahun ini.

"Akhir tahun ini bisa ada sesuatu," ungkap Bambang usai memberi kuliah umum di Institut Teknologi Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat 25 Agustus 2017.

Bambang enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai rencana tersebut. Ia juga enggan menyebutkan nama kota yang menjadi Ibu Kota.

"Di luar Jawa-nya yang sudah pasti," lanjut Bambang.

Pemerintah, lanjut Bambang, merencanakan pemindahan Ibu Kota ke lokasi yang strategis. Lokasinya berada di tengah-tengah wilayah Indonesia.

"Kita bicara kriteria. Orientasinya lebih ke tengah geografis Indonesia dari barat ke timur," kata Bambang.

Selain aspek lokasi, Bambang memastikan pemindahan ibu kota inipun harus memperhatikan aspek pendanaannya. 

Bila kajian rampung, pemerintah bakal menyiapkan pemindahan Ibu Kota pada 2018. Salah satunya dengan mempersiapkan detail engineering design (ded). Persiapan pemindahan ibu kota ini diprediksi akan membutuhkan waktu hingga lima tahun. 


(RRN)