Pabrik Tekstil di Bandung Ludes Terbakar

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 11 Sep 2017 09:46 WIB
kebakaran
Pabrik Tekstil di Bandung Ludes Terbakar
KEbakaran pabrik tekstil di Jalan A.H. Nasution, Keluarahan Sindang Jaya, Mandalajati, Bandung, Jawa Barat -- MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Kebakaran melanda pabrik tekstil di Jalan A.H. Nasution, Keluarahan Sindang Jaya, Mandalajati, Bandung, Jawa Barat. Kebakaran terjadi sekira pukul 01.35 WIB pada Senin 11 September 2017.

Pantauan Metrotvnews.com, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.00 WIB. Namun, hingga kini petugas Dinas Penanggulangan dan Pemadam Kebakaran (DPPK) masih bersiaga di lokasi kejadian.

Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan DPPK Kota Bandung A. Kurnia mengatakan, api diduga berasal dari ruang penyimpanan batu bara. "Api membesar dengan cepat karena membakar batu bara," kata dia.

Menurut Kurnia, pihaknya melakukan penyekatan pada bagian belakang pabrik saat melakukan pemadaman. Sehingga, api tidak merembet sampai ke rumah warga.

"Selanjutnya dilakukan pendinginan serta pengecekan di sekitar area bangunan yang terbakar. Adapun bangunan yang terselamatkan, yaitu gudang kain grey, gudang persedian batu bara, dan rumah penduduk di sekitar pabrik," paparnya.

Kurnia menuturkan, pihaknya menurunkan 12 mobil pemadam kebakaran, dua unit mobil rescue, dua unit mobil komando, dan satu unit quick respons.

Keberadaan gudang yang berada di bagian belakang pabrik dan berdempetan dengan permukiman, membuat warga sangat panik. Muhamad, 58, pemilik bengkel yang rumahnya tak jauh dari lokasi kejadian kebakaran, menuturkan, dirinya kaget karena mendengar suara dari belakang pabrik.

"Saya kaget dengar suara besar dari belakang pabrik, lalu keluar. Ternyata, pabrik tekstil yang kebakar," ujarnya.

Pabrik tersebut berdekatan dengan permukiman RW 10, RW 9, dan Kompleks Sukaasih RW 7 Sindangjaya, Mandalajati, Bandung. Bagian belakang pabrik digunakan sebagai gudang obat kimia, bahan kain grey, batu bara, dan benang.

Jalan A.H. Nasution sempat macet akibat insiden tersebut. Namun, petugas Kapolres Ujung Berung segera melakukan pengaturan lalu lintas, sehingga kemacetan cepat terurai.


(NIN)