Perda Kebersihan Lingkungan Cirebon Masih Disosialisasikan

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 17 Jan 2019 15:55 WIB
sampah
Perda Kebersihan Lingkungan Cirebon Masih Disosialisasikan
Kepala DInas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Abdul Syukur di Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 17 Januari 2018. Medcom.id/ Ahmad Rofahan.

Cirebon: Pemerintah Kota Cirebon terus berupaya mengelola sampah dengan baik melalui Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan sampah. Kepala DInas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Abdul Syukur mengatakan, Perda tentang pengelolaan sampah di Cirebon baru berjalan selama tiga bulan.

"Baru terbit pada Oktober 2018 lalu," kata Syukur di Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 17 Januari 2018.

Syukur menjelaskan, Perda yang baru saja diterbitkan itu belum bisa dikatakan maksimal. Saat ini Perda tersebut masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat. Dalam Perda tersebut, diatur mengenai pengelolaan sampah dan juga sangsi yang melanggar.

"Masalah sampah ini, masuknya memang Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Sangsinya paling besar Rp50juta," jelas Syukur.

Syukur kembali mengatakan, beberapa kendala yang dihadapi dalam pembenahan pengelolaan sampah di Kota Cirbeon, adalah mengenai kesadaran masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

Selain itu, belum adanya pemahaman masyarakat terkait pemilahan sampah, yang sebenarnya sangat membantu dalam mengolah sampah.

"Kalau masyarakat sudah bisa memilah sampah dari awal, kita akan lebih mudah mengelolanya," ungkap Syukur.


(DEN)