Dua WN Sri Lanka Ditangkap karena Dokumen Palsu

Hendrik Simorangkir    •    Senin, 10 Dec 2018 16:01 WIB
pemalsuan dokumen
Dua WN Sri Lanka Ditangkap karena Dokumen Palsu
ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Tangerang: Petugas Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menangkap dua warga negara asing (WNA) asal Sri Lanka berinisial MFJ, 31, dan MSSA, 32. Keduanya ditangkap karena menggunakan data palsu untuk masuk ke Indonesia.

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soetta Enang Supriyadi Syamsi mengatakan, karena dokumen keimigrasian dimiliki berbeda dengan manifest pesawat, kedua WNA tersebut langsung ditahan oleh petugas Imigrasi di Terminal 2D sesaat setelah pesawat yang mereka tumpangi mendarat.

"Kasus ini terungkap karena kejelian petugas kami di lapangan. Pada saat dilakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian ternyata yang bersangkutan hanya bisa menunjukkan travel document saja," kata Enang di Bandara Soetta, Kota Tangerang, Banten, Senin, 10 Desember 2018.

Kedua WNA tersebut tiba di Bandara Soetta, pada Minggu, 9 Desember 2018, menggunakan pesawat Mihin Lanka. Kedua WNA tersebut berpura-pura tidak saling kenal saat tiba di Bandara Soetta. Namun, keduanya diketahui petugas merupakan teman dekat setelah identitasnya dibongkar petugas.

"Petugas kami merasa curiga, lantas memeriksa manifest penerbangan yang ditumpangi yang bersangkutan dan ditemukan bahwa nama yang bersangkutan tidak termasuk dalam data manifest penumpang," jelas Enang.

Kedua WNA tersebut langsung ditolak kedatangannya ke Indonesia. Rencananya, mereka akan dipulangkan ke negara asalnya dengan pesawat yang sama. "Sore ini, keduanya akan dipulangkan ke negara asalnya," pungkas Enang.


(DEN)