Komplotan Maling Bobol ATM dalam 30 Menit

Hendrik Simorangkir    •    Rabu, 12 Dec 2018 18:26 WIB
pencurian
Komplotan Maling Bobol ATM dalam 30 Menit
Tiga pelaku pembobol mesin ATM lintas daerah dibekuk kepolisian resor (Polres) Kota Tangerang. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Tangerang: Tiga dari enam orang komplotan pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) lintas daerah ditangkap Kepolisian Resor (Polres) Kota Tangerang. Pelaku membobol ATM dalam waktu 30 menit dengan menggunakan peralatan mesin las.

"Mereka ini sudah terlatih, tentu tidak mungkin kalau amatir bisa melakukan secepat itu, hanya 30 menit kelar dengan menggunakan mesin las," ujar Kapolres Kota Tangerang Kombes Sabilul Alif di Mapolresta Tangerang, Rabu, 12 Desember 2018.

Menurut Sabilul, dari hasil penyelidikan, pelaku berinisial MJS, 51, IZ, 25, dan UN, 47, dan tiga pelaku lainnya yang masih buron berbagi tugas sesuai keahlian. Ada yang bertugas memetakan lokasi ATM, ahli las, ahli bobol plafon dan pengemudi.

Dari hasil penyelidikan, komplotan ini telah beraksi di beberapa daerah di Indonesia seperti di Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah hingga Banten. Pelaku sudah melancarkan aksi nekatnya selama enam tahun di berbagai tempat yang berbeda.

"Mereka melakukan di tiga TKP, namun dia mengakui pernah melakukan di Jawa Tengah dan Medan. Pengakuannya sudah enam tahun beraksi," jelas Sabilul.

Untuk tiga TKP di wilayah Serang dan Tangerang, Banten, pelaku meraup uang hasil curian bervariasi dengan besaran Rp1 miliar, Rp200 juta dan Rp170 juta.

"Uang hasil curian itu digunakan untuk belanja. Kami juga masih mengembangkan apakah ini termasuk jaringan kejadian pembobolan ATM di Jakarta," paparnya.

Polisi mengamankan alat-alat yang diduga digunakan tersangka dalam melancarkan aksi jahatnya, Beberapa di antarany satu tabung oksigen, selang, alat las, gergaji, tang, kunci pas, kunci inggris, dan blender potong.

Ketiga tersangka tersebut diancam dengan hukuman penjara selama tujuh tahun. Sedangkan tiga temannya menjadi sasaran utama pencarian kepolisian.


(SUR)