FPI Kawal Sidang Putusan Praperadilan Rizieq Shihab

P Aditya Prakasa    •    Selasa, 23 Oct 2018 10:55 WIB
penghinaan lambang negara
FPI Kawal Sidang Putusan Praperadilan Rizieq Shihab
Massa FPI di depan Kantor Pengadilan Negeri Bandung untuk mengawal sidang putusan praperadilan SP23 kasus Rizieq Shihab, Selasa, 23 Oktober 2018, Medcom.id - Aditya

Bandung: Ratusan orang dari Front Pembela Islam (FPI) menggelar doa bersama di depan Pengadilan Negeri (ON) Bandung, Jawa Barat, Senin, 23 Oktober 2018. Mereka mengawal sidang putusan praperadilan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) Rizieq Shihab terkait kasus dugaan penghinaan Pancasila.

Keramaian tampak di depan pengadilan di Jalan LRRE Martadinata. Tak hanya berdoa bersama, massa juga berorasi menuntut majelis hakim menetapkan keputusan seadil-adilnya.

"Kami datang untuk mengawal sidang putusan praperadilan," kata seorang pria melalui pengeras suara.

Kasus bermula dari laporan Sukmawati Soekarnoputri ke Polda Jabar. Sukmawati mengatakan Rizieq menyampaikan materi ceramah yang menghina Pancasila sebagai dasar negara. 

Rizieq dilaporkan dengan sangkaan Pasal 154 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Lambang Negara dan Pasal 310 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik. Penyidik kemudian menetapkan Rizieq sebagai tersangka. 

Lalu pada Februari 2018, Polda Jabar menerbitkan SP23 terhadap kasus tersebut. Alasannya, barang bukti tak memenuhi unsur dan tidak cukup dibawa ke pengadilan.

Tak terima dengan SP3, Sukmawati dan timnya pun mengajukan sidang praperadilan. Menurut Sukmawati, kasus itu harus tetap berlanjut ke pengadilan.


(RRN)