Bekasi Belum Terima Dana Kompensasi dari DKI

Antonio    •    Jumat, 19 Oct 2018 21:51 WIB
sampah jakartadki jakartapolemik sampah jakarta
Bekasi Belum Terima Dana Kompensasi dari DKI
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi mengklaim belum mendapatkan dana kompensasi tahun 2018 dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Padahal, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah memberikan dana kompensasi sekitar Rp190 miliar.

"Kalau Pak Gubernur bilang Kota Bekasi sudah diberikan kompensasi, itu kompensasi 2017, bukan hak 2018," kata dia di Bekasi, Jumat, 19 Oktober 2018.

Dana kompensasi tersebut telah terhenti semenjak Anies dilantik jadi Gubernur DKI Jakarta. Kerja sama Bekasi-DKI Jakarta padahal amat lancar saat gubernur sebelum Anies.

Dia menyebut kompensasi ke Bekasi melonjak tajam saat Joko Widodo jadi Gubernur DKI Jakarta, dari Rp3 miliar menjadi Rp40 miliar. Kerja sama dengan pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama pun lancar.

"Yang 2018 semenjak Pak Gubernur diangkat itu belum ada. Nah sekarang sudah mau masuk 2019, masa dua tahun kita dilalaikan," ujarnya.

Hak dan kewajiban telah tertuang di Pasal 4 Perjanjian Kerja Sama Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Bekasi tentang Peningkatan Lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah menjadi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang Nomor 25 tahun 2016.

Salah satu poinnya mengatur tentang kewajiban Pemprov DKI untuk  memberikan dana kompensasi Pengelolaan TPST Bantargebang Kota Bekasi. Pasal 14.B dijelaskan tentang kompensasi sebagai bentuk tanggung jawab yang diterima masyarakat dan Pemkot Bekasi yang terkena dampak negatif ditimbulkan penanganan sampah.

Kompensasi yang dimaksud dipergunakan untuk penanggulangan kerusakan lingkungan, pemulihan lingkungan, biaya kesehatan dan pengobatan dan kompensasi dalam bentuk lain berupa bantuan langsung tunai.


 


(SUR)