Jabar Luncurkan Layad Rawat

Roni Kurniawan    •    Senin, 12 Nov 2018 11:28 WIB
kesehatan
Jabar Luncurkan <i>Layad Rawat</i>
Kendaraan yang digunakan petugas medis dalam program Layad Rawat di Kota Bandung. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Pemerintah Jawa Barat mulai meluncurkan program kesehatan Layad Rawat pekan ini. Kota Cirebon menjadi daerah pertama yang akan dilengkapi dengan fasilitas kesehatan Layad Rawat.

"Mulai Rabu besok (14 November), mulai inovasi program Layad Rawat. Dimulai di Kota Cirebon," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai menjadi pembina upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin 12 November 2018.

Layad Rawat merupakan program yang diadopsi Pemprov Jabar dari Pemkot Bandung yang dihadirkan pada 2017. Program tersebut menyasar masyarakat menengah kebawah yang membutuhkan pertolongan tenaga medis dengan datang langsung ke rumah-rumah masyarakat.

"Sehingga warga yang susah ke rumah sakit, nanti didatangi langsung oleh dokter-dokter yang dikelola oleh provinsi dan pemerintah daerah," sambung Emil.

Program Layad Rawat diklaim Emil berhasil diterapkan di Kota Bandung pada masa kepemimpinannya sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Bahkan Emil menargetkan program tersebut sudah diterapkan di seluruh kabupaten/kota se-Jabar pada akhir tahun.

"Waktu di Bandung sangat favorit, sangat diapresiasi, disukai masyarakat menengah ke bawah. Ini akan kita bawa ke seluruh Jawa Barat, Insyaallah kualitas kesehatan di Jawa Barat akan meningkat," pungkas Emil.


(SUR)