Kang Emil Sambut Baik Penerapan Pendidikan Karakter

Roni Kurniawan    •    Kamis, 07 Sep 2017 14:45 WIB
pendidikan
Kang Emil Sambut Baik Penerapan Pendidikan Karakter
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam sebuah kesempatan wawancara. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil merespon positif Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pendidikan Karakter yang telah ditandatangani oleh Joko Widodo pada Rabu, 6 September 2017. Paris van Java pun segera mengikuti aturan pendidikan nasional yang baru.

"Kalau Kota Bandung mah pada dasarnya ikut kebijakan, apa pun yang dikeluarkan pusat," cetus pria yang akrab disapa Kang Emil saat ditemui di kawasan Jalan Peta, Kota Bandung, Kamis 7 September 2017.

Bandung sendiri sudah menerapkan pendidikan karakter dengan nama program Bandung Masagi. Bahkan program tersebut telah diterapkan sejak dua tahun silam, salah satunya untuk menghilangkan perpeloncoan dan pembagian waktu belajar.

(Baca: Jokowi Teken Perpres Pendidikan Karakter)

Kita mendahului kebijakan nasional. Terus, di Bandung itu ditambahi empat penekanan, cinta agama, jaga budaya, jaga lingkungan, bela negara," papar Emil.

Emil berharap program Bandung Masagi bisa menjadi inspirasi ditingkat nasional. Sebab pendidikan karakter ini diharapkan dapat menciptakan bibit-bibit anak bangsa yang berkarakter dan unggul.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bandung Elih Sudiapermana juga mengomentari soal opsi sekolah lima hari yang sempat berpolemik. Dalam aturan baru, sekolah bisa memilih enam atau lima hari.

(Klik: Jokowi Minta Perpres Pendidikan Karakter tak Lagi Dipersoalkan)

Sejumlah sekolah di Kota Bandung sudah ada yang menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) selama lima hari. Namun, hal itu disesuaikan dengan kemampuan tiap sekolah.

"Kalau saya baca kan Perpres itu memberikan pilihan, mau lima hari atau enam hari KBMnya," tegas Elih ditempat yang sama.


(SUR)