Penyelundupan Narkoba di Lapas Narkotika Bandung Digagalkan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Minggu, 29 Apr 2018 14:13 WIB
narkoba
Penyelundupan Narkoba di Lapas Narkotika Bandung Digagalkan
Petugas Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung, Jelekong Baleedah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengamankan pelaku dan barang bukti narkotika. Foto: Istimewa

Bandung: Petugas Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung, Jelekong Baleedah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu dan obat-obatan terlarang. Penyelundupan ini terjadi pada Sabtu, 28 April 2018, sekitar pukul 11 WIB.

Plt.Kepala Lapas Narkotika Kelas II A Kabupaten Bandung Andi Muhammad Syarif mengatakan upaya penyelundupan dilakukan saat jam besuk narapidana. Saat itu, petugas lapas bernama Anggoro menemukan 50 butir pil terlarang diselipkan di dubur oleh pengunjung (besukan) atas nama Pandu Aditya.

Pil itu, lanjut dia, akan diserahkan ke temannya yang sedang mendekam di Lapas Narkotika Klas IIA Bandung, Kevin Muhammad.

Sekitar pukul 11.30 WIB, Anggoro yang pada saat itu masih bertugas sebagai pemeriksa barang-barang bawaan pengunjung dan penggeledahan badan, menemukan 10 paket kecil dan dua paket besar sabu-sabu. 

Paket itu dibawa pengunjung atas nama Yedi dengan cara diselipkan di selangkangan kaki. "Rencananya (paket sabu-sabu) diserahkan ke temannya yang sedang menjalani pidana di Lapas Narkotika Klas IIA Bandung atas nama Dian Milyana," kata Andi dalam keterangannya, Minggu, 29 April 2018.


Petugas lapas menyita paket sabu-sabu yang akan diselundpkan pengunjung. Foto: Istimewa

Ia mengatakan pengunjung dan narapidana tersebut telah diperiksa. Pihak Lapas Jelekong sudah menyerahkan pelaku dan barang bukti ke Polsek Baleendah untuk didalami.

"Pelaku yang membawa sabu sudah kita serahkan ke Polisi, dan untuk napi yang hendak menerima sabu, sudah kita pisahkan ruangannya guna kepentingan penyidikan polisi," ujar dia.

Selain berkordinasi dengan Polisi, pihak Lapas Jelekong juga sudah berkordinasi dengan BNN. 

Sementara itu, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham Ayub Suratman mengapresiasi petugas yang berhasil menggagalkan penyelundupan tersebut. Menurut dia, hal ini membuktikan komitmen Ditjen Pemasyarakatan mengawasi peredaran narkoba di lapas.




(AZF)