Sejumlah Santri di Cirebon Dukung Jokowi Dua Periode

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 04 Aug 2018 09:52 WIB
santripilpres 2019
Sejumlah Santri di Cirebon Dukung Jokowi Dua Periode
Sejumlah santri di Cirebon menyatakan dukung Presiden Joko Widodo dua periode di GOR Mbah Muqoyyim Pondok Buntet Pesantren, Jumat, 8 Agustus 2018. Medcom.id/ Ahmad Rofahan.

Cirebon: Sejumlah santri di Cirebon, Jawa Barat yang tergabung dalam Forum Santri Cirebon untuk Tanah Air (Fasbir), mendukung Presiden Joko Widodo memimpin Indonesia dua periode.

Gus Nemi Mu’tasimbillah, selaku perwakilan Fasbir mengatakan, selain mendukung Jokowi dua periode, para santri juga meminta tidak ada politisasi SARA pada pelaksanaan pilpres 2019. Nemi juga percaya jika Jokowi akan memilih walon wakil presiden yang amanah.

"Menyerahkan sepenuhnya, urusan pemilihan bakan Cawapres kepada Joko Widodo," kata Nemi di GOR Mbah Muqoyyim Pondok Buntet Pesantren, Jumat, 8 Agustus 2018.

Menurut Nemi, dukungan santri kepada Jokowi didasari dari banyak hal. Selain karena Jokowi sangat peduli terhadap santri, Jokowi juga membuktikan pembangunan yang nyata dan bermanfaat untuk rakyat Indonesia.

"Dibandingkan dengan calon lainnya, Jokowi yang paling layak," ungkap Nemi.

Sementara itu, pengasuh Pondok Buntet Pesantren, KH Wawan Arwani menuturkan, deklarasi yang dilakukan oleh para santri merupakan hal yang wajar. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari hak politik santri untuk menentukan pilihan.

Wawan juga berpendatapat, dukungan terhadap Jokowi ini datang dari dalam hati dan tidak ada paksaan dari pihak tertentu. Jokowi dinilai sukses dalam mengembangkan sejumlah daerah di Indonesia.

"Sehingga sangat wajar, para santri mendukung Jokowi maju dua periode," jelas Wawan.


(DEN)