Bandung Gagal Raih Opini WTP

Roni Kurniawan    •    Rabu, 30 May 2018 19:04 WIB
kota bandungpemerintah kota
Bandung Gagal Raih Opini WTP
Kendaraan melintas di depan gedung Merdeka, di Jl Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. (MI/Agung Wibowo)

Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, kembali gagal mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Persoalan aset dinilai menjadi penghambat setelah dilakukan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Menurut Kepala BPK Jabar, Arman Syifa, pelaporan aset yang dimiliki Pemkot Bandung tidak sesuai dengan yang diperiksa oleh BPK selama ini. Pasalnya BPK masih menemukan beberapa kejanggalan aset yang dimiliki Pemkot Bandung.

"Nah masih ada beberapa hal terkait permasalahan dipencatatan piutang sewa tanah, di mana ada beberapa kontrak atau penyewaan tanah itu. Kita tidak dapat diyakini kewajarannya karena sampai terakhir ini belum ada pembaharuan kontrak," ujar Arman kepada awak media di Kantor BPK Jabar, Jalan Moch Toha, Kota Bandung, Rabu 30 Mei 2018.

Arman mengatakan, Pemkot Bandung sebenarnya sudah mengalami perkembangan dibandingkan tahun sebelumnya dalam pencatatan pelaporan terutama aset. Namun hal itu bisa memenuhi syarat sehingga opini untuk LKPD tahun 2017 Pemkot Bandung adalah Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

"Namun ternyata dari perkembangan itu belum mencukupi sampai dengan ke WTP, karena kita kan tetap menemukan permasalahan. Nah permasalahan itu di dalam keuangan tidak boleh melebihi batas toleransi yang disebut matrealitas," tuturnya.

Jumlah pelaporan aset pun mengalami perkembangan dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp2,5 triliun pada tahun 2016. Namun untuk LKPD tahun 2017 berkurang menjadi Rp694 miliar yang tidak wajar menurut pemeriksaan BPK.

"Ada aset tanah, peralatan mesin, gedung, jalan, irigasi dan jaringan. Tapi perkembangannya sudah jauh dibandingkan tahun sebelumnya," urai Arman.

Selain Kota Bandung, Subang dan Kabupaten Bandung Barat pun sama baru mampu meraih predikat WDP dalam LKPD 2017. Sementara itu, 25 daerah lainnya di Jawa Barat telah meraih WTP termasuk kota terkecil di Jabar yakni Cimahi.

"Kami sudah sampaikan semuanya, ada 28 daerah. Jadi memang yang terakhir itu kami serahkan ke tiga daerah yang belum WTP, yaitu Kabupaten Bandung Barat, Subang dan Kota Bandung," pungkasnya.



(LDS)