Lebih 80 Bangunan di Kabupaten Bogor Rusak Akibat Gempa

Rizky Dewantara    •    Selasa, 23 Jan 2018 20:02 WIB
gempa bumi
Lebih 80 Bangunan di Kabupaten Bogor Rusak Akibat Gempa
Ilustrasi bangunan rusak akibat guncangan gempa, Medcom.id - Rakhmat Riyandi

Bogor: Tercatat 82 bangunan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dilaporkan rusak akibat gempa bumi tektonik di Lebak, Provinsi Banten. Guncangan berkekuatan 6,1 skala richer terjadi sekitar pukul 13.34 WIB, Selasa 23 Januari 2018.

Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, ada 82 bangunan yang rusak. Satu di antaranya gedung sekolah di Desa Cimande Kecamatan Caringin.

Sekretaris BPBD kabupaten Bogor Budi pranowo menjelaskan, dampak gempabumi tektonik itu, mengakibatkan  puluhan bangunan rusak ringan hingga berat di wilayah Kabupaten Bogor.

Berdasarkan laporan dari aparatur desa setempat, 12 rumah rusak di Desa Malasari dan 45 rumah rusak di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung. Kemudian di Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan terdapat lima bangunan rusak.

Selanjutnya, terdapat 11 bangunan rumah rusak sedang hingga berat pada Kecamatan Cigudeg di Desa Sukamaju, Cintamanik dan Warga jaya. Untuk Kecamatan Caringin satu bangunan atap Sekolah Dasar Cimande 2 rusak parah. 

Untuk Kecamatan Cijeruk dua bangunan rusak di Desa Cijeruk dan Desa Cipelang. Selain itu, dua rumah berlantai dua roboh di Desa Kuta,Kecamatan Megamendung.

Dari seluruh laporan kerusakanyang diterima BPBD Kabupaten Bogor akibat gempabumi, diterangkan Budi, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa maupun luka akibat gempa.

 "Untuk sementara,korban bencana dievakuasi ke rumah kerabat atau saudara, kami juga menyediakan tenda darurat dari BPBD dan TNI,” terangnya kepada Medcom.id, Selasa 23 Januari 2018. 



(RRN)