Jalur Puncak Bogor Dibuka Lagi Usai Longsor

Rizky Dewantara    •    Senin, 19 Feb 2018 16:53 WIB
longsorbencana longsor
Jalur Puncak Bogor Dibuka Lagi Usai Longsor
Kendaraan mulai melewati jalur puncak, Bogor, Jawa Barat, yang ditutup semenjak longsor pada 5 Februari 2018. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Kendaraan roda dua dan roda empat dari arah Jakarta-Cianjur dan sebaliknya mulai bisa melewati Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, sejak pukul 12.00 WIB, Senin, 19 Februari 2018. Operasi uji coba jalur ini berlaku setelah jalur Puncak longsor pada 5 Februari 2018.

Uji coba penggunaan jalur Puncak Bogor oleh Satuan Lalu Lintas Polres Bogor telah disepakati oleh Dirjen Perhubungan Darat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menyebut uji coba bersifat fleksibel. Jalur puncak dapat ditutup kembali bila ada permasalahan.

"Pemerintah ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna Jalan Raya Puncak. Jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan masyarakat," ujar Hasby di Riung Gunung Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin, 19 Februari 2018.

(Baca: Puncak Longsor, Jalur Jakarta-Puncak Ditutup)

Uji coba juga dilakukan untuk ketahanan jalan tersebut untuk dilalui kendaraan. Tim observasi khusus disebar di sejumlah titik untuk memantau kondisi jalan yang baru diperbaiki. Di antaranya di kawasan pohon pinus Cisarua, Puncak Pas, Riung Gunung, dan Cimacan.

"Akibat bencana longsor Senin, Februari lalu. Ada jalur yang tergerus, ini akan menjadi konsentrasi pihaknya, untuk diuji dan melihat bagaimana ketahanan tanahnya," kata dia


Angkutan umum mulai beroperasi pascapenutupan jalur puncak, Bogor, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Kementerian PUPR telah melakukan perbaikan awal. Pembangunan lanjutan akan menunggu hasil observasi dan kajian konstruksi tanah. Kajian ini akan menjadi patokan untuk izin bangunan di kawasan puncak nanti.

"Nanti dari Kementerian PUPR dapat memastikan bentuk tanahnya seperti apa, sehingga bangunan apa yang cocok di bangun pada kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat," akunya.

(Baca: Puncak Longsor)

Meski demikian, kendaraan bersumbu tiga seperti bus, truk, tronton, dan kendaraan berat masih tidak diperbolehkan melintasi jalur Puncak Bogor. Kendaraan besar diarahkan melewati jalur alternatif,  Cibubur, Cilengsi, Jonggol, dan Cariu, untuk rute tujuan Cianjur, Ciloto Taman Bunga Cipanas, dan rute lainnya.

Jalur alternatif menuju Cianjur dapat melewati Jonggol dan Cariu yang ternyata dapat memangkas waktu tempuh hingga satu jam. "Jika bicara waktu, menggunakan Jalan Raya Puncak tujuan Bogor-Cianjur bisa memakan waktu tiga jam lebih. Tapi jika melalui jalur Jonggol, menuju Cianjur tidak sampai tiga jam."

 


(SUR)