Makan Malam WNA asal Mesir Berakhir ke Kantor Imigrasi Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 28 Oct 2016 10:53 WIB
keimigrasian
Makan Malam WNA asal Mesir Berakhir ke Kantor Imigrasi Cirebon
Aya (47) WNA asal Mesir dan tunangannya, sedang diinterogasi oleh petugas imigrasi disalah satu rumah makan cepat saji di Kota Cirebon, Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Makan malam Aya dan tunangannya di sebuah rumah makan di Cirebon, Jawa Barat, berakhir lebih cepat. Pasalnya, petugas imigrasi memasuki rumah makan tersebut dan 'mengganggu' acara warga negara asing (WNA) asal Mesir itu, Jumat dini hari 28 Oktober.

Aya bermaksud meminang perempuan berinisial CD itu. Namun niatnya tak kesampaian. Sebab petugas imigrasi lebih dulu datang ke rumah makan tersebut.

Petugas lantas menanyakan dokumen keimigrasian pada pria berusia 47 tahun itu. Aya mengaku menyimpannya di hotel. Ia lalu meminta tunangannya mengambil dokumen tersebut.

Beberapa saat kemudian, sang tunangan kembali ke rumah makan. Tapi ia tak membawa dokumen keimigrasian milik Aya.

Aya mengaku ia sedang berkunjung ke Indonesia untuk meminang tunangannya. Ia sudah sebulan berada di Cirebon.

"Saat ini saya tengah memperpanjang masa visa kunjungan di Yogyakarta namun belum jadi," kata pria tersebut kepada petugas.

Apapun alasannya, petugas tetap membawa Aya ke Kantor Imigrasi Kota Cirebon. Petugas kemudian mendata Aya sebagai imigran.

Kepala Kantor Imigrasi Cirebon, Eko Budianto, mengatakan penertiban warga negara asing berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan itu bersamaan dengan peringatan Hari Darma Karya Dika. 
Penertiban fokus pada pemeriksaan izin tinggal dan dokumen keimigrasian. 

Eko mengatakan petugas menyisiri beberapa wilayah di Kota Cirebon. Beberapa di antaranya perumahan, rumah kos, dan tempat bekerja. Petugas memeriksa dokumen milik 20 WNA di Kota Cirebon.

"Paling banyak WNA asal Korea.  Sebagian besar mereka bekerja di perusahaan, misalnya PLTU," lanjut Eko.

Tapi mereka memiliki dokumen lengkap. Hanya Aya yang diperiksa dan digiring ke Kantor Imigrasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa Kedawung, Kabupaten Cirebon.


(RRN)